Pertanyaan

1. Buatlah rubrik penilaian keterampilan presentasi! 2. Buatlah skala penilaian keterampilan presentasi! 3. Buatlah rubrik penilian keterampilan proses sains! 4. Buatlah kisikisi soal kognitif minimal 3 berdasarkan indikator Taksonomi Bloom C1 (mengetahui), C2 (memahami)dan C3 (menerapkan)!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.3 (360 Suara)
Samarjit veteran · Tutor selama 11 tahun

Jawaban

Berikut adalah rubrik dan skala penilaian untuk keterampilan presentasi dan keterampilan proses sains, serta kisi-kisi soal kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom:**1. Rubrik Penilaian Keterampilan Presentasi**| Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Kurang (1) ||----------------------|-----------------|--------------------|--------------------|--------------------|| **Penyampaian** | Jelas, lancar, dan menarik. | Jelas dan lancar, tetapi kurang menarik. | Cukup jelas, tetapi terbata-bata. | Tidak jelas dan sulit dipahami. || **Isi Materi** | Lengkap, akurat, dan relevan. | Lengkap dan akurat, tetapi kurang relevan di beberapa bagian. | Cukup lengkap, tetapi ada beberapa ketidakakuratan atau irrelevansi. | Tidak lengkap dan banyak ketidakakuratan. || **Organisasi** | Terstruktur dengan baik, logis, dan mudah diikuti. | Terstruktur dengan baik, tetapi kurang logis di beberapa bagian. | Kurang terstruktur dan sulit diikuti. | Tidak terstruktur dan membingungkan. || **Bahasa & Gaya** | Menggunakan bahasa yang tepat, variatif, dan menarik. | Menggunakan bahasa yang tepat, tetapi kurang variatif. | Menggunakan bahasa yang kurang tepat dan monoton. | Menggunakan bahasa yang tidak tepat dan sulit dipahami. || **Penggunaan Media** | Media pendukung digunakan secara efektif dan relevan. | Media pendukung digunakan, tetapi kurang efektif atau relevan. | Media pendukung kurang digunakan atau tidak relevan. | Tidak menggunakan media pendukung. || **Kontak Mata & Sikap** | Kontak mata baik, sikap percaya diri dan antusias. | Kontak mata cukup baik, sikap cukup percaya diri. | Kontak mata kurang, sikap kurang percaya diri. | Kurang kontak mata, sikap tidak percaya diri. |**2. Skala Penilaian Keterampilan Presentasi**Skala penilaian ini menggunakan skala Likert 1-5, dengan 5 sebagai nilai tertinggi.| Aspek yang Dinilai | 5 (Sangat Baik) | 4 (Baik) | 3 (Cukup) | 2 (Kurang) | 1 (Sangat Kurang) ||-----------------------------|-----------------|-----------|------------|------------|--------------------|| Kejelasan Penyampaian | | | | | || Kelengkapan Isi Materi | | | | | || Struktur dan Organisasi | | | | | || Penggunaan Bahasa | | | | | || Efektivitas Penggunaan Media | | | | | || Kontak Mata dan Sikap | | | | | |**3. Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains**| Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Kurang (1) ||----------------------|-----------------|--------------------|--------------------|--------------------|| **Merumuskan Masalah** | Masalah dirumuskan dengan jelas dan spesifik. | Masalah dirumuskan dengan cukup jelas. | Masalah dirumuskan kurang jelas. | Masalah tidak dirumuskan dengan baik. || **Merumuskan Hipotesis** | Hipotesis dirumuskan dengan jelas, spesifik, dan dapat diuji. | Hipotesis dirumuskan dengan cukup jelas dan dapat diuji. | Hipotesis dirumuskan kurang jelas atau sulit diuji. | Hipotesis tidak dirumuskan. || **Merencanakan Percobaan** | Perencanaan percobaan terinci, sistematis, dan efektif. | Perencanaan percobaan cukup terinci dan efektif. | Perencanaan percobaan kurang terinci dan kurang efektif. | Perencanaan percobaan tidak memadai. || **Melaksanakan Percobaan** | Percobaan dilakukan dengan teliti, akurat, dan aman. | Percobaan dilakukan dengan cukup teliti dan akurat. | Percobaan dilakukan kurang teliti dan akurat. | Percobaan dilakukan dengan tidak tepat. || **Menganalisis Data** | Data dianalisis dengan tepat dan akurat, serta disajikan dengan baik. | Data dianalisis dengan cukup tepat dan akurat. | Data dianalisis kurang tepat dan akurat. | Data tidak dianalisis. || **Menarik Kesimpulan** | Kesimpulan sesuai dengan data dan hipotesis. | Kesimpulan sebagian besar sesuai dengan data dan hipotesis. | Kesimpulan kurang sesuai dengan data dan hipotesis. | Kesimpulan tidak sesuai dengan data dan hipotesis. |**4. Kisi-kisi Soal Kognitif (Contoh)****Indikator:** Mendeskripsikan proses fotosintesis.| No | Tingkat Kognitif | Indikator | Bentuk Soal | Contoh Soal ||----|-------------------|-------------------------------------------|------------------------|---------------------------------------------------------------------------------|| 1 | C1 (Mengetahui) | Menyebutkan bahan baku fotosintesis. | Pilihan Ganda | Bahan baku fotosintesis adalah… a) air dan oksigen b) air dan karbon dioksida… || 2 | C2 (Memahami) | Menjelaskan proses fotosintesis secara singkat.| Uraian Singkat | Jelaskan secara singkat proses fotosintesis! || 3 | C3 (Menerapkan) | Menganalisis pengaruh faktor lingkungan terhadap laju fotosintesis. | Esai | Bagaimana intensitas cahaya mempengaruhi laju fotosintesis? Jelaskan dengan contoh! |**Catatan:** Kisi-kisi soal ini hanya contoh. Anda perlu menyesuaikan indikator dan contoh soal dengan materi pembelajaran yang spesifik. Jumlah soal dan tingkat kesulitan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.