Pertanyaan

c. Bagaimana proses masuknya Kurikulum PAI di sekolah dan Madrasah! Apa factor-faktor yang mempengaruhinya! Dan bagaimana pendapat Voogt dan Roblin (2012) dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan masyarakat di masa mendatang hendaknya diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dan Madrasah? 2. Sebutkan Perbedaan Kurikulum 2013 revisi kurikulum 2018, Prototipe, dan Implementasi Kurikulum Merdeka!Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam perubahan Kurikulum Pendidikan Agama Islam? 3. Silahkan Analisis Kurikulum Merdeka keterkaitan dengan BSKAP No 32 Tahun 2024, PMA No 450 Tahun 2024, Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No 3302 Tahun 2024

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.2 (183 Suara)
Nitya elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

1. Proses masuknya Kurikulum PAI di sekolah dan Madrasah dimulai dengan adanya kebutuhan untuk menyesuaikan kurikulum pendidikan di Indonesia dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain perubahan sosial, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. Menurut Voogt dan Roblin (2012), kurikulum harus mampu menghadapi tantangan dan kebutuhan masyarakat di masa mendatang dengan cara diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dan Madrasah.2. Kurikulum 2013 revisi kurikulum 2018 memiliki perbedaan dalam pendekatan pembelajaran, dimana kurikulum 2018 lebih menekankan pada pendekatan kontekstual dan berbasis kompetensi. Prototipe adalah versi awal dari kurikulum yang akan diimplementasikan, sedangkan implementasi kurikulum merdeka adalah penerapan kurikulum yang telah disetujui dan disepakati oleh semua pihak. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam perubahan Kurikulum Pendidikan Agama Islam sangat penting, karena guru bertugas untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut di kelas dan memastikan siswa memahami materi yang diajarkan.3. Kurikulum Merdeka memiliki keterkaitan dengan BSKAP No 32 Tahun 2024, PMA No 450 Tahun 2024, dan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No 3302 Tahun 2024. Semua peraturan tersebut mendukung implementasi kurikulum merdeka dan memberikan panduan tentang bagaimana kurikulum tersebut harus diimplementasikan.

Penjelasan

1. Kurikulum PAI di sekolah dan Madrasah diperkenalkan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain perubahan sosial, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. Menurut Voogt dan Roblin (2012), kurikulum harus mampu menghadapi tantangan dan kebutuhan masyarakat di masa mendatang dengan cara diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dan Madrasah.2. Kurikulum 2013 revisi kurikulum 2018 memiliki perbedaan dalam pendekatan pembelajaran, dimana kurikulum 2018 lebih menekankan pada pendekatan kontekstual dan berbasis kompetensi. Prototipe adalah versi awal dari kurikulum yang akan diimplementasikan, sedangkan implementasi kurikulum merdeka adalah penerapan kurikulum yang telah disetujui dan disepakati oleh semua pihak. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam perubahan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, karena guru bertugas untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut di kelas dan memastikan siswa memahami materi yang diajarkan.3. Kurikulum Merdeka memiliki keterkaitan dengan BSKAP No 32 Tahun 2024, PMA No 450 Tahun 2024, dan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No 3302 Tahun 2024. Semua peraturan tersebut menduk