Pertanyaan

Apa yang Anda ketahui tentang pembelai aran yang berorient asi perkembangar i? Uraikan!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (239 Suara)
Lohith elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

Pembelajaran yang berorientasi perkembangan adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada perkembangan kognitif, emosional, dan sosial siswa. Pendekatan ini mempertimbangkan tahap perkembangan siswa dan menyesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Penjelasan

Pembelajaran yang berorientasi perkembangan didasarkan pada teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Menurut Piaget, anak-anak melewati empat tahap perkembangan kognitif: tahap sensorimotor (0-2 tahun), tahap praoperasional (2-7 tahun), tahap operasional konkret (7-11 tahun), dan tahap operasional formal (11 tahun ke atas). Setiap tahap memiliki karakteristik kognitif tertentu yang mempengaruhi cara siswa memahami dan memproses informasi.Dalam tahap sensorimotor, anak-anak memahami dunia melalui interaksi langsung dengan lingkungan mereka. Dalam tahap praoperasional, mereka mulai memahami konsep abstrak tetapi kesulitan dengan logika. Pada tahap operasional konkret, mereka dapat memahami konsep abstrak dan logis tetapi kesulitan dengan pemikiran hipotesis. Akhirnya, pada tahap operasional formal, mereka dapat memahami konsep abstrak, hipotesis, dan pemikiran deduktif.Dengan memahami tahap perkembangan kognitif siswa, pendidik dapat menyesuaikan metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa. Misalnya, untuk siswa di tahap praoperasional, pendidik mungkin menggunakan metode pengajaran yang lebih visual dan konkret. Sementara untuk siswa di tahap operasional formal, pendidik mungkin menggunakan metode pengajaran yang lebih abstrak dan kritis.Selain itu, pendekatan ini juga mempertimbangkan perkembangan emosional dan sosial siswa. Pendidik harus memahami bagaimana perkembangan emosional dan sosial siswa mempengaruhi cara mereka belajar dan berinteraksi dengan teman sebaya mereka. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran yang berorientasi perkembangan mempertimbangkan aspek kognitif, emosional, dan sosial siswa untuk memberikan pendidikan yang paling efektif.