Pertanyaan
1. Perhatikan ilustrasi di bawah ini! Saat ini warga negara Indonesia khususnya para remaja begitu terpengaruh oleh budaya K- Pop. Sebuah tren buday yang dipopulerkan oleh kelompok musik Korea. Banyak dari mereka yang mengikuti tren yang dilakukan oleh para bintang Korea tersebut Berdasarkan ilustrasi di atas jawablah pertanyaan di bawah ini! a. Melihat fenomena tersebut.apakah hal tersebut termasuk fakta tergerusnya budaya dan nilai-nilai Pancasila?Jika iya, apa faktor yang menyebabkan tergerusnya Pancasila? Bagaimana cara mengurangi dan mengatasinya? b. Jika tidak, berikan alasannya! 2. Wilayah Indonesia berada di posisi ilang atau strategis di dunia. Apa keuntungan dari aspek ekonomi yang diperoleh Negara Indonesia berada di posisi tersebut? Dan bagaimana dengan posisi pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia dengan posisi silang tersebut? Gambarlah letak posisi silang Indonesia! 3. Pada sebuah sekolah terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler Secara umum ada seni tari dan seni bela diri Tari tango asal Argentina ternyata lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sementara pendaffar tari saman asal Aceh relatif sepi pendaftar. Sementara, pada seni bela diri, ekstrakurikuler karate lebih digemari daripada pencak silat merpati putih. Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang kalian tawarkan agar budaya nasional lebih banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah tersebut? 4. Mengapa pariwisata menjadi salah satu peluang bangsa dan negara Indonesia dalam kehidupan global? 5. Kekuatan(strengths) adalah hal yang dimiliki secara internal oleh bangsa dan negara Indonesia. Tahukah anda kekuatan apa yang dimiliki bangsa dan negara Indonesia. Bangsa dan Negara Indonesia memiliki 6 kekuatan, sebut dan jelaskan dengan singkat John!- 6. Ada 10 kelemahan dari bangsa Indonesia. Sebutkan! 7. Cyberbullying adalah perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini dapat terjadi di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube Platform Game dan Platform Chatting. Hal ini sangat tidak selaras dengan isi Pasal 28G Ayat 1 dan 2 UUD 1945 Bagaimana bunyi Pasal tersebut? 8. a) Mengapa tindakan korupsi termasuk perbuatan pengingkaran kewajiban warga negara. Jelaskan John! b.) Sebutkan 5 contoh pengingkaran kewajiban yang terjadi di sekolah!
Solusi
Jawaban
## Jawaban Pertanyaan:**1. a. Melihat fenomena pengaruh K-Pop terhadap remaja Indonesia, apakah hal tersebut termasuk fakta tergerusnya budaya dan nilai-nilai Pancasila?**Ya, fenomena tersebut *berpotensi* menjadi faktor tergerusnya budaya dan nilai-nilai Pancasila, meskipun tidak secara otomatis demikian. Pengaruh budaya asing yang kuat dapat menggeser apresiasi terhadap budaya lokal dan nilai-nilai Pancasila jika tidak dikelola dengan baik.**Faktor penyebab tergerusnya Pancasila:*** **Globalisasi dan akses informasi:** Kemudahan akses internet dan media sosial membuat budaya asing, termasuk K-Pop, mudah diakses dan diadopsi oleh remaja.* **Kurangnya pemahaman dan penghayatan Pancasila:** Jika pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila lemah, remaja lebih mudah terpengaruh budaya luar yang mungkin bertentangan dengan nilai-nilai tersebut.* **Kurangnya promosi budaya lokal:** Kurangnya promosi dan apresiasi terhadap budaya lokal membuat budaya tersebut kurang menarik bagi generasi muda.**Cara mengurangi dan mengatasinya:*** **Penguatan pendidikan karakter dan nilai-nilai Pancasila:** Pendidikan karakter yang efektif dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini dan membangun rasa cinta terhadap budaya Indonesia.* **Promosi dan apresiasi budaya lokal:** Pemerintah dan masyarakat perlu aktif mempromosikan dan mengapresiasi budaya lokal melalui berbagai kegiatan, seperti festival, pertunjukan, dan media sosial.* **Selektif dalam mengadopsi budaya asing:** Remaja perlu dididik untuk bersikap selektif dalam mengadopsi budaya asing dan tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila.* **Integrasi budaya lokal dan budaya asing:** Mencari cara untuk mengintegrasikan unsur-unsur positif dari budaya asing dengan budaya lokal, sehingga tercipta perpaduan yang harmonis.**b. Alasan jika tidak termasuk tergerusnya budaya dan nilai-nilai Pancasila:**Pengaruh K-Pop tidak secara otomatis berarti tergerusnya budaya dan nilai-nilai Pancasila. Apresiasi terhadap musik dan budaya Korea tidak selalu bertentangan dengan kecintaan terhadap budaya sendiri dan nilai-nilai Pancasila. Remaja dapat menikmati K-Pop sambil tetap menghargai dan melestarikan budaya Indonesia. Yang penting adalah keseimbangan dan pemahaman yang tepat.**2. Keuntungan ekonomi dan pertahanan keamanan Indonesia karena posisi silang:**Posisi silang Indonesia di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Hindia dan Pasifik) memberikan keuntungan ekonomi dan strategis:* **Keuntungan ekonomi:** * **Jalur perdagangan internasional:** Posisi ini menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan penting, baik jalur laut maupun udara. * **Sumber daya alam:** Indonesia kaya akan sumber daya alam yang tersebar di berbagai wilayah. * **Pariwisata:** Keindahan alam dan keanekaragaman budaya Indonesia menarik wisatawan mancanegara.* **Pertahanan dan keamanan:** * **Pertahanan laut:** Posisi silang memperkuat pertahanan laut Indonesia, karena dapat mengawasi lalu lintas laut dan mencegah ancaman dari luar. * **Strategis:** Posisi ini memungkinkan Indonesia untuk berperan sebagai penjaga stabilitas regional. * **Kerentanan:** Di sisi lain, posisi silang juga membuat Indonesia rentan terhadap berbagai ancaman, seperti konflik regional dan terorisme.**(Gambar letak posisi silang Indonesia: Sayangnya, saya tidak dapat membuat gambar. Anda dapat dengan mudah menemukan peta yang menunjukkan letak geografis Indonesia di internet.)****3. Pendapat dan solusi terhadap fenomena minat siswa terhadap ekstrakurikuler:**Fenomena tersebut menunjukkan kurangnya apresiasi siswa terhadap budaya nasional. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya informasi, kurangnya daya tarik presentasi, atau kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan tersebut.**Solusi:*** **Peningkatan daya tarik ekstrakurikuler budaya nasional:** Presentasi tari Saman dan pencak silat perlu dibuat lebih menarik dan modern, misalnya dengan menggabungkan unsur-unsur kekinian.* **Sosialisasi dan promosi:** Sekolah perlu melakukan sosialisasi dan promosi yang lebih efektif tentang ekstrakurikuler budaya nasional, menonjolkan nilai-nilai positif dan manfaatnya.* **Kolaborasi dan inovasi:** Menggabungkan unsur-unsur tari modern dengan tari tradisional, atau menggabungkan seni bela diri dengan unsur-unsur permainan modern.* **Mengajak praktisi dan seniman:** Mengundang praktisi dan seniman profesional untuk membimbing siswa dan memberikan inspirasi.* **Memberikan penghargaan dan apresiasi:** Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswa yang berprestasi dalam ekstrakurikuler budaya nasional.**4. Pariwisata sebagai peluang Indonesia dalam kehidupan global:**Pariwisata merupakan peluang besar bagi Indonesia karena:* **Devisa:** Pariwisata menghasilkan devisa negara yang signifikan.* **Pembukaan lapangan kerja:** Pariwisata menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor.* **Pengembangan ekonomi lokal:** Pariwisata dapat mendorong pengembangan ekonomi lokal di berbagai daerah.* **Promosi budaya:** Pariwisata menjadi media promosi budaya Indonesia ke dunia internasional.**5. Enam kekuatan Indonesia:**1. **Keanekaragaman hayati:** Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, menjadikannya sumber daya alam yang berharga.2. **Sumber daya alam:** Indonesia kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam, batubara, dan mineral lainnya.3. **Demografi:** Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar dan muda, yang merupakan potensi sumber daya manusia yang besar.4. **Geografis strategis:** Posisi geografis Indonesia yang strategis menjadikannya jalur perdagangan dan pusat aktivitas ekonomi regional.5. **Budaya:** Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam dan unik, yang menjadi daya tarik wisata dan sumber kreativitas.6. **Potensi maritim:** Indonesia memiliki wilayah laut yang luas, yang menyimpan potensi ekonomi dan sumber daya yang besar.**6. Sepuluh kelemahan Indonesia:**1. **Korupsi:** Korupsi masih menjadi masalah serius di Indonesia.2. **Kesenjangan ekonomi:** Kesenjangan ekonomi antara kaya dan miskin masih tinggi.3. **Kualitas pendidikan:** Kualitas pendidikan di beberapa daerah masih rendah.4. **Infrastruktur:** Infrastruktur di beberapa daerah masih belum memadai.5. **Birolkrasi:** Birokrasi yang rumit dan berbelit-belit menghambat pembangunan.6. **Kemiskinan:** Tingkat kemiskinan masih cukup tinggi di beberapa daerah.7. **Pengangguran:** Tingkat pengangguran masih cukup tinggi.8. **Persebaran penduduk yang tidak merata:** Persebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan ketimpangan pembangunan.9. **Bencana alam:** Indonesia rawan bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.10. **Ekstremime:** Adanya kelompok-kelompok ekstrimis yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.**7. Bunyi Pasal 28G Ayat 1 dan 2 UUD 1945:**Pasal 28G ayat (1) : "Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda."Pasal 28G ayat (2): "Dalam hal pembatasan hak dan kebebasan tersebut, harus dihormati hak asasi manusia dan warga negara."**8. a. Mengapa tindakan korupsi termasuk perbuatan pengingkaran kewajiban warga negara?**Korupsi adalah pengingkaran kewajiban warga negara karena:* **Melanggar hukum:** Korupsi melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.* **Merugikan negara:** Korupsi merugikan keuangan negara dan menghambat pembangunan.* **Mencederai keadilan:** Korupsi mencederai keadilan dan merugikan masyarakat.* **Menghancurkan kepercayaan:** Korupsi menghancurkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan lembaga negara.**b. Lima contoh pengingkaran kewajiban di sekolah:**1. **Membolos sekolah:** Tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar.2. **Mencontek saat ujian:** Tidak jujur dalam mengerjakan tugas.3. **Merusak fasilitas sekolah:** Tidak menjaga dan merawat aset sekolah.4. **Tidak menghormati guru dan teman:** Tidak menaati peraturan sekolah dan norma kesopanan.5. **Membawa barang terlarang ke sekolah:** Melanggar peraturan sekolah dan membahayakan diri sendiri dan orang lain.Semoga jawaban ini bermanfaat.