Pertanyaan
MIN TRIN GPEN VELI DIKA NIND IVIDE ALM AUPI NKEI OMP OK Untuk lebih memahami fenomena di atas lakukanlah kegiatan berikut init Pada hari ini. pak Dylan akan belajar dengan anak didiknya untuk belajar tentang pereaksi pembatas melalui praktikum. Apabila di laboratorium terdapat 10 mL HCl 01 M dan 20 mL larutan NaOH g terjadi?Zat mana yan pereaksi pembatas? Isilah titik-titik pada kolom yang tersedia untuk menjawab permasalahan di atas! square square square square square square square square square square square square Pada persamaan reaksi kimia di atas, zat manakah yang berperan sebagai pereaksi dan zat manakah yang berperan sebagai hasil reaksi(produk)? Jawaban: a Pereaksi __ b. Produk/hasil __ ". Pada persamaan reaksi kimia di atas.berapakah jumlah mol masing-masing zat pereaksi pereaksi? Jawaban: __ children vunlut mol pereakri Pada persamaan reaksi kimia di atas.manakah zat pereaksi yang habis bereaksi? Jawaban: __ boyh
Solusi
Jawaban
## Membimbing Penyelidikan Individual Maupun Kelompok: Pereaksi Pembatas**Tujuan:** Memahami konsep pereaksi pembatas melalui praktikum sederhana.**Bahan:*** 10 mL HCl 0,1 M* 20 mL larutan NaOH**Langkah-langkah:**1. **Tuliskan persamaan reaksi kimia yang terjadi antara HCl dan NaOH:** HCl (aq) + NaOH (aq) → NaCl (aq) + H₂O (l)2. **Hitung jumlah mol masing-masing zat pereaksi:** * **HCl:** * Mol HCl = Konsentrasi HCl x Volume HCl * Mol HCl = 0,1 M x 10 mL = 0,001 mol * **NaOH:** * Mol NaOH = Konsentrasi NaOH x Volume NaOH * Mol NaOH = 0,1 M x 20 mL = 0,002 mol3. **Tentukan pereaksi pembatas:** * Pereaksi pembatas adalah zat yang habis bereaksi pertama kali, sehingga menghentikan reaksi. * Perbandingan koefisien stoikiometri dalam persamaan reaksi adalah 1:1. Artinya, 1 mol HCl bereaksi dengan 1 mol NaOH. * Karena kita memiliki 0,001 mol HCl dan 0,002 mol NaOH, maka HCl akan habis bereaksi terlebih dahulu. * **Jadi, HCl adalah pereaksi pembatas.**4. **Identifikasi pereaksi dan produk:** * **Pereaksi:** HCl dan NaOH * **Produk/Hasil:** NaCl dan H₂O**Kesimpulan:*** Dalam reaksi ini, HCl adalah pereaksi pembatas karena habis bereaksi terlebih dahulu.* Jumlah produk yang dihasilkan ditentukan oleh jumlah pereaksi pembatas.**Catatan:*** Pastikan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti kacamata pengaman dan jas lab saat melakukan praktikum.* Buang sisa bahan kimia dengan benar sesuai prosedur laboratorium.**Pertanyaan tambahan:*** Bagaimana cara menentukan pereaksi pembatas jika perbandingan koefisien stoikiometri tidak 1:1?* Apa pengaruh pereaksi pembatas terhadap hasil reaksi?* Bagaimana cara menentukan jumlah produk yang dihasilkan dari reaksi?**Pembimbingan:*** Dorong siswa untuk berpikir kritis dan menganalisis data yang diperoleh dari praktikum.* Bantu siswa untuk menghubungkan konsep pereaksi pembatas dengan kehidupan sehari-hari.* Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi tentang konsep yang belum dipahami.**Semoga penjelasan ini bermanfaat!**