Pertanyaan

a. android
b. komputer
C. ragum
d robot
14. Bahasa komputer asli yang hanya terdiri
atas karakter 0 (nol)dan 1 (satu) dikenal
dengan sebutan __
a. comportable language
b editorial language
C. machine language
d.

a. android b. komputer C. ragum d robot 14. Bahasa komputer asli yang hanya terdiri atas karakter 0 (nol)dan 1 (satu) dikenal dengan sebutan __ a. comportable language b editorial language C. machine language d. tesktual language 15. Keterbatasan prinsip kecerdasan buatan (Al) adalah bahwa Al belajar dari __ a. data b. kecepatan dan presisi C. lingkungan d. prioritas 6. Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah __ (HOTS) a. (B) degrees b. go to C. go to xi (0)(D) d. turn (B) degrees 7. Menu Code pada Scratch yang berkaitan dengan kejadian pada script area adalah __ C. motion d. sound 18. Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menjalankan baris kode secara berulang- ulang disebut dengan __ a. sekuensial b perulangan C. percabangan d. oriented 19. Perhatikan pernyataan berikut! 1) PHP 3) Variabel 2) Java 4) C++ Berdasarkan data di atas yang termasuk dari bahasa pemrograman ditujukkan pada nomor __ (HOTS) a. 1),2)dan 3) b. 1),2 ), dan 4) C. 1), 3), dan 4) d. 2),3 ), dan 4) 20. Tempat yang digunakan untuk menampung data di memori yang mempunyai nilai yang dapat berubah-ubah selama proses program disebut __ a. variable b. database C. sourcecode d. storage

Solusi

expert verifiedTerverifikasi Ahli
4.4 (115 Suara)
avatar
Damini veteran · Tutor selama 9 tahun

Jawaban

14. Bahasa komputer asli yang hanya terdiri atas karakter 0 (nol) dan 1 (satu) dikenal dengan sebutan __c. machine. Keterbatasan prinsip kecerdasan buatan (AI) adalah bahwa AI belajar dari __a. data16. Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah __ (HOTS)d. turn 15 degrees17. Menu Code pada Scratch yang berkaitan dengan kejadian pada script area adalahc. motion18. Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menjalankan baris kode secara berulang-ulang disebut dengan __b. perulangan19. Berdasarkan data di atas yang termasuk dari bahasa pemrograman ditunjukkan pada nomor __ (HOTS)b. 1), 2), dan 4)20. Tempat yang digunakan untuk menampung data di memori yang mempunyai nilai yang dapat berubah-ubah selama proses program disebut __a. variable