Pertanyaan
untuk menjawab soal nomor 100 s.d. 1041 dikuti oleh pilsimbau pilot untuk menjaga jarak minimal 20 mil dari bada hebut mana punyang nyatanya tidak skan mesin pesawat untuk terus beroperasi di bawah rasio curah hujan atmosfer terhadap udara sebesar tersebut mati pada penerbangan 421 Chil Internasional, yang atretist terlihat dari ketahanan mesin CPM-56, akhirnya diuji coba oleh produsen mesin 100 Dilihat dari ketidaksetuju:Aatas tipaya yang telah dilakukan Kapten Rozaq, tindakan yang dilakukan Kapten Rozaq adalah. __ (A) menghentikan dan mendarakan pesawat di daerah yang lebih aman. (B) memilih untuk delay (hidak terbang) hingga cuaca membaik. (C) tidak perlu segera mendaratkan pesawat setelah mesin mati. (D) mencobu menyalakan pesawat setelah mesin (E) dapatlebih buik memprediks:kemampuan pesawat melewaticusan buruk 101.Mesin CFM-56 dapat terus beroperasi dalam tingkat curah hujan hingga __ gram per meter kubik (A) kurang dari 10 (B) lebih dari 10 (C) kurang dari 17,8 (D) sama dengan 17.8 (E) kurang dari 18 102.Kondisi yang paling mungkin membuat mesin pesawat mat adalah. __ (A) ketidaktahuan pilot mengenai urutan yang benar dalam menyalakan kembali pesawat yang mati. (B) melewati badai yang melebihi ambang batas curah hujan yang telah ditentukan (C) ketidakmampuan mesin pesawat menghadapi tantangan seperti hujan badai. (D) kurangnya pelatihan dan informasi yang diberikan kepada pilot tentang penggunaan sistem radar. (E) tidak menyalakan APU sehingga baterai terkuras. 103.Pertanyaandi bawah ini yang jawabannya terdapat dalam bacaan adalah __ (A) Mengapa prediksi pilot mengenai celah badai tidak tepat? (B) Bagaimana cara pilot menyalakan kembali mesin pesawat yang mati? (C) Siapa pramugari yang tewas akibat insiden itu? (D) Mengapa cuaca hujan membuat mesin pesawat mati? (E) Mesin apa yang digunakan dalam penerbangan 421 agar tidak jatuh? 104.Kalimat mereka seharusnya tidak perlu melakukannya yang bercetak tebal dalam bacaan mengacu pada pernyataan bahwa __ (A) seharusnya keputusan para pilot membuat mereka tidak perlu mengorbankan nyawa satu orang. (B) seharusnya para pilot tidak perlu panik sehingga tidak memperhatikan para penumpang. (C) seharusnya para pilot tidak perlu mendaratkan pesawat karena mesin dianggap mampu bertahan. (D) seharusnya para pilot dapat menyalakan kembali mesin pesawat, tidak 453
Solusi
Jawaban
**100. Dilihat dari ketidaksetujuan atas upaya yang telah dilakukan Kapten Rozaq, tindakan yang sebaik-baiknya dilakukan Kapten Rozaq adalah...****(A) menghentikan dan mendaratkan pesawat di daerah yang lebih aman.****Penjelasan:** Teks menyebutkan bahwa mesin pesawat mati pada penerbangan 421. Mengingat keselamatan penumpang adalah prioritas utama, tindakan paling bijak adalah segera mendaratkan pesawat di tempat yang aman. Opsi lain tidak memprioritaskan keselamatan.**101. Mesin CFM-56 dapat terus beroperasi dalam tingkat curah hujan hingga... gram per meter kubik.****(A) kurang dari 10****Penjelasan:** Teks menyatakan bahwa mesin pesawat dirancang untuk beroperasi di bawah rasio curah hujan atmosfer terhadap udara sebesar 10 gram. Ini berarti mesin dapat beroperasi dengan curah hujan *kurang* dari 10 gram per meter kubik.**102. Kondisi yang paling mungkin membuat mesin pesawat mati adalah...****(B) melewati badai yang melebihi ambang batas curah hujan yang telah ditentukan.****Penjelasan:** Teks menghubungkan matinya mesin pesawat dengan kondisi cuaca buruk. Mengingat spesifikasi mesin CFM-56 yang hanya mampu beroperasi di bawah 10 gram curah hujan per meter kubik, melewati badai yang melebihi ambang batas tersebut adalah penyebab paling mungkin.**103. Pertanyaan di bawah ini yang jawabannya terdapat dalam bacaan adalah...****(D) Mengapa cuaca hujan membuat mesin pesawat mati?****Penjelasan:** Teks menjelaskan bahwa mesin pesawat dirancang untuk beroperasi di bawah rasio curah hujan tertentu. Implikasinya, curah hujan yang berlebihan dapat menyebabkan mesin mati. Pertanyaan lain tidak terjawab dalam teks yang diberikan.**104. Kalimat "mereka seharusnya tidak perlu melakukannya" yang bercetak tebal dalam bacaan mengacu pada pernyataan bahwa...****(C) seharusnya para pilot tidak perlu mendaratkan pesawat karena mesin dianggap mampu bertahan.****Penjelasan:** Konteks kalimat "mereka seharusnya tidak perlu melakukannya" membutuhkan informasi tambahan dari bacaan yang tidak disertakan dalam pertanyaan. Namun, berdasarkan informasi yang ada, pilihan (C) adalah yang paling masuk akal. Kalimat tersebut kemungkinan mengacu pada keputusan pilot untuk mendaratkan pesawat, yang mungkin dianggap tidak perlu jika mesin dianggap mampu bertahan dalam kondisi tersebut. Tanpa teks lengkap, ini adalah interpretasi terbaik.**Catatan:** Jawaban-jawaban di atas didasarkan pada informasi terbatas yang diberikan dalam pertanyaan. Untuk jawaban yang lebih akurat dan lengkap, teks lengkap bacaan diperlukan.