Pertanyaan

4. Apakah yang dimaksud dengan hype-cycle Gartner? Bagaimana menurutmu teknologi Méta-verse dan AT mentirut hype-cycle Gartner?

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.1 (274 Suara)
Faisal profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban

**Hype Cycle Gartner adalah model yangambarkan siklus adopsi teknologi baru, mulai dari inovasi hingga penyebaran luas. Teknologi seperti Métaverse dan Augmented Reality (AR) berada dalam tahap pengenalan pasar hingga adopsi luas, tergantung pada tingkat penerimaan dan penggunaannya dalam masyarakat.

Penjelasan

**Hype Cycle Gartner adalah model yang digunakan untuk menggambarkan adopsi teknologi baru dalam masyarakat. Model ini menggambarkan siklus hidup teknologi dari pengenalan awal hingga penerimaan luas oleh pengguna akhir. Siklus ini terdiri dari beberapa tahap, termasuk:1. **Inovasi Teknologi:** Tahap awal di mana teknologi baru diperkenalkan.2. **Pengembangan Produk:** Teknologi mulai dikembangkan dan ditingkatkan.3. **Pengenalan Pasar:** Teknologi mulai diperkenalkan ke pasar.4. **Adopsi Luas:** Teknologi mulai diadopsi secara luas oleh pengguna.5. **Penyebaran:** Teknologi menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari.Métaverse dan Augmented Reality (AR) adalah contoh teknologi yang dapat dianalisis menggunakan Hype Cycle Gartner. Kedua teknologi ini berada dalam tahap pengenalan pasar atau adopsi luas, tergantung pada negara dan industri.- **Métaverse:** Ini adalah konsep virtual reality yang digunakan untuk menggambarkan ruang berbagi sosial dan pengalaman. Dalam konteks Hype Cycle, Métaverse mungkin berada dalam tahap pengenalan pasar, karena meskipun sudah ada beberapa aplikasi dan platform, penggunaannya masih terbatas dan belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat luas. - **Augmented Reality (AR):** AR adalah teknologi yang menambahkan elemen digital ke dunia nyata melalui perangkat seperti smartphone atau kacamata AR. Berdasarkan Hype Cycle, AR mungkin berada dalam tahap adopsi luas, karena sudah banyak aplikasi dan perangkat yang tersedia, dan penggunaannya semakin umum dalam berbagai bidang seperti gaming, e-commerce, dan manufaktur.**