Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan eksplorasi lanjutan scratch? Jawab: Bagaimana cara membuat program sederhana dengan menggunakan variabel pada scratch? Jawab: Jelaskan macam-macam percabangan yang kalian ketahui! Jawab: Sebutkan jenis-jenis permaianan dalam Blockly Games! Jawab: Apa fungsi input pada bahasa pemrograman scracth! Jawab: Jelaskan apa fungsi dari SUMIFS dalam analisis data! Jawab: Jelaskan apa yang dapat kita pelajari dengan permainan Pond dalam Blokly Games! Jawab: Apa perbedaan antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jawab: Jelaskan fungsi dari COUNTIFS dalam analisis data! Jawab: Sebutkan fungsi dari IF Statement (pernyataan IF) pada rumus percabangan! Jawab:

Solusi

Terverifikasi Ahli
5 (73 Suara)
Gilang Permana profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban

1. Eksplorasi lanjutan Scratch adalah penggunaan fitur dan konsep lebih canggih dalam platform Scratch.2. Untuk membuat program sederhana dengan variabel di Scratch, buat variabel lalu gunakan skrip untuk mengatur dan memanipulasi variabel tersebut.3. If statements, If-else statements, Else-if statements, Switch statements.4. Puzzle, Maze, Bird, Turtle, Movie, Music, Pond Tutor, Pond.5. Mengambil masukan dari pengguna.6. Menjumlahkan nilai berdasarkan kriteria yang ditentukan.7. Konsep kontrol aliran dan dasar logika pemrograman.8. SUMIFS menjumlahkan nilai, COUNTIFS menghitung jumlah sel berdasarkan kriteria.9. Menghitung jumlah munculnya data sesuai dengan kriteria tertentu dalam range.10. Mengevaluasi suatu kondisi dan melakukan aksi yang berbeda tergantung pada hasil evaluasi.

Penjelasan

1. Eksplorasi lanjutan Scratch mengacu pada penggunaan fitur dan konsep lanjutan di dalam platform pemrograman Scratch misalnya penggunaan list, interaksi pengguna yang kompleks, kecerdasan buatan sederhana, atau proyek yang menggunakan multiple sprites dan backdrops secara lebih mendalam.2. Untuk membuat program sederhana dengan variabel di Scratch, kamu harus terlebih dahulu membuat variabel melalui menu Variabel, dan kemudian men-set –nya dalam skrip untuk menyimpan data yang dapat berubah-ubah saat program berjalan. Variabel bisa digunakan untuk menyimpan skor, mencatat posisi sprite, atau untuk operasi matematika dan logika.3. Beberapa macam percabangan dalam pemrograman adalah: (a) If statements, (b) If-else statements, (c) Else-if statements, (d) Switch statements, yang semua digunakan untuk memilih alur eksekusi berdasarkan kondisi tertentu.4. Jenis-jenis permainan dalam Blockly Games termasuk: Puzzle, Maze, Bird, Turtle, Movie, Music, Pond Tutor, dan Pond.5. Fungsi input dalam bahasa pemrograman Scratch digunakan untuk mendapatkan informasi dari pengguna, seperti klik dari mouse, gerak kursor, masukan dari keyboard, dan interaksi serupa yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan program.6. Fungsi SUMIFS dalam analisis data digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam range tertentu yang sesuai dengan satu atau beberapa kriteria atau kondisi.7. Dengan permainan Pond dalam Blockly Games, kita bisa belajar tentang konsep dasar kontrol aliran seperti if statement dan loop, serta pemahaman mendasar mengenai logika pemrograman dan koordinat X,Y.8. Perbedaan antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS adalah bahwa SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan nilai berdasarkan satu atau lebih kriteria, sedangkan COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi satu atau lebih kriteria.9. Fungsi COUNTIFS dalam analisis data digunakan untuk menghitung frekuensi munculnya data yang memenuhi satu atau lebih kriteria di dalam daftar atau range tertentu.10. Fungsi dari IF Statement (pernyataan IF) dalam rumus percabangan digunakan untuk mengevalusi kondisi dan memilih eksekusi perintah yang berbeda berdasarkan apakah kondisi tersebut benar atau tidak.