Pertanyaan
Seoramp tokoh aliran Oadarlyah yang berani mendebat perryataan pemikiran agarna Muemtyah adotah a. Hisyam bin Abdul Malik b. Jalad bin Dirtam c. Abdurrahman ibnu AI Asy' ats d. Gtitan Ad Dimasyot Hasan Al-Bashr Golongan yang menganut paham free will and tree act adalah a. Syiat b. Khawari| c. Qadariyah d. Mu'tazilah Jabartyah Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Al-wishayah. (2) Al-Khassanyah. (3) Al-Jahmiah. (4) Af-Rajeh. (5) Al-Salihyah (B) Al-Yunuslyah. Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk sekte-sekte Muritah ekstrem ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (3), dan (4) b. (2), (4), dan (5) c. (3), (5), dan (6) d. (4), (6), dan (1) e. (5), (1), dan (2) Seseorang yang memelopori paham Ahlussunnah wal Jama'ah aliran Asy'ariyah adalah a. Abu Mansyur b. Imam Hambali c. Al-Makmun d. Al-Maturidi e. Abu Hasan Al-Asy'ari Pada aliran Asy'ariah disebut juga dengan Ahlussunnah wal Jama'ah karena .... a. berpegang kuat pada sunah nabi b. berpatokan pada fatwa ulama c. memakai pemikiran filsafat yang rumit. d. lebih mementingkan pendekatan akal e. kesamaan Asy'ariah dengan Jabariyah Pendapat golongan yang mengatakan AlQur'an adalah makhluk (baru) adalah .... a. Syiah b. Khawarij c. Mu'tazilah d. Qadariyah e. Aswaja Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Tuhan tidak mempunyai kewajiban apa pun untuk menentukan tempat manusia di akhirat. (2) Mengakui adanya sifat-sifat Allah Swt. sesuail dengan Zat Alah Swt. Sondy (3) Tuhan tidak menghendaki kebuns, (4) Manuga tidak bertcurasa meneisi- (5) Tuhan akan dilinat oleh periduduk thin o eh hamba-hambanya yang saleh yn b myak mengenal Tuhan ketika hidus dunia (6) Seseorang muslim yang mengertakedosa besar la tergolong bukan mukmit tetapi juga tidak kafir Berdasarkan pernyataan di atas; yatry termasuk pokok-pokok ajeran Asy/artyat ditunjukkan oleh nomor a. (1), (2), dan (6) b. (2), (3), dan (5) c. (3), (4), dan (6) d. (4), (5), dan (2) e. (5), (6), dan (2) Munculnya Asy'ariyah dikarenakan ketidakpuasan sekaligus kritik terhader, paham ..... a. Maturidiyah b. Mu'tazilah c. Asy'ariyah d. Syiah e. Qadariyah Meskipun kewajiban mengetahui Tuhan dapat diketahui dengan akal, tetapi kewajiben itu sendiri datangnya dari Tuhan, merupakan pendapat .... a. Asy'ariyah b. Mu'tazilah c. Al-Asy'ari d. Al-Maturidi e. Al-Bazdawi Mereka mengatakan bahwa malaikakmalaikat adalah mubalig mereka dan setansetan adalah musuh mereka, sembahyang adalah mengikuti mereka, haji adalah ziarah kepada imam-imam mereka. Orang yang sudah mengetahui sedalam-dalamnya Allah Swt., tidak perlu sembahyang dan puasa. Wacana di atas merupakan paham salah satu sekte Syiah ..... a. Sabaiyah b. Kaisaniyah c. Imamiyah d. Zaidiyah e. Qaramithah Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Al-Qur'an itu adaiah kekal tidak diciptakan. (2) Segala perbuatan Tuhan tidak dapal ditanyakan mengapa. (3) Pelaku dosa masih tetap sebaga B. Isilah titik
Solusi
Jawaban
10. d. Ghilan Ad-Dimasyqi11. c. Qadariyah12. c. (3), (5), dan (6)13. e. Abu Hasan Al-Asy'ari14. a. berpegang kuat pada sunah nabi15. c. Mu'tazilah16. a. (1), (2), dan (6)17. b. Mu'tazilah18. a. Asy'ariyah19. b. Kaisaniyah20. a. Al-Qur'an itu adalah kekal tidak diciptakan, b. Segala perbuatan Tuhan tidak dapal ditanyakan mengapa
Penjelasan
10. Ghilan Ad-Dimasyqi adalah seorang tokoh aliran Qadariyah yang berani mendebat pernyataan pemikiran agama Muawiyah.11. Golongan yang menganut paham free will and free act adalah Qadariyah.12. Al-Jahmiyah, Al-Salihiyah, dan Al-Yunusiyah adalah sekte-sekte Murjiah ekstrem. 13. Pemelopori paham Ahlussunnah wal Jama'ah aliran Asy'ariyah adalah Abu Hasan Al-Asy'ari.14. Aliran Asy'ariah disebut juga dengan Ahlussunnah wal Jama'ah karena mereka berpegang kuat pada sunah nabi.15. Pendapat golongan yang mengatakan AlQur'an adalah makhluk (baru) adalah Mu'tazilah.16. Pokok-pokok ajaran Asy'ariyah termasuk bahwa Tuhan tidak mempunyai kewajiban apa pun untuk menentukan tempat manusia di akhirat dan pengakuan akan adanya sifat-sifat Allah Swt.17. Munculnya Asy'ariyah di karenakan ketidakpuasan sekaligus kritik terhadap paham mazhab Mu'tazilah.18. Asy'ariyah berpendapat bahwa meskipun kewajiban mengetahui Tuhad dapat diketahuinya melalui akal, tetapi datangnya kewajiban itu sendiri adalah dari Tuhan.19. Pernyataan dalam wacana tersebut menggambarkana pemahaman salah satu sekte Syiah, yakni Kaisaniyah.20. dua pernyataan yaitu "Al-Qur'an itu adalah kekal tidak diciptakan" dan "Segala perbuatan Tuhan tidak dapat ditanyakan mengapa" menggambarkan salah satu pemahaman pokok dari Mazhab Syiah.