Pertanyaan
Pertanyaan: A ship is steaming at "Full Ahead" when the engines are changed to "Full Astern": Would this reversal of engines produce the same results in deep water as in shallow water (where the under keel clearance is equal to about half the draught)? Pilih Salah Satu Jawaban A. The reduction in speed and turning effects will vary very little between deep and shallow water B. The speed will reduce quickly and the transverse thrust will swing the ships head to starboard as the ship slows down. C. The effectiveness of the rudder and propeller are greatly reduced and therefore the results will be considerably different D. The shallow water will produce an increase in water velocity and a reduction in pressure
Solusi
Jawaban
**Penjelasan:**Ketika mesin kapal diubah dari "Full Ahead" ke "Full Astern", ini berarti mesin mulai berputar ke arah yang berlawanan. Dalam air dalam, perubahan ini akan mempengaruhi kecepatan dan arah kapal, tetapi karena kedalaman air lebih besar, efek ini tidak sebesar dalam air dangkal.Dalam air dangkal, terutama ketika under keel clearance (jarak antara bagian bawah kapal dan dasar laut) kira-kira setara dengan setengah dari draft, perubahan arah mesin dapat menyebabkan efek yang lebih besar pada kecepatan dan kemampuan belok kapal. Ini karena dalam air dangkal, rudder dan propeller bekerja lebih efektif dalam mengubah arah dan kecepatan kapal.Namun, dalam air dalam, efek ini akan berkurang karena jarak yang lebih besar antara bagian bawah kapal dan dasar laut, sehingga perubahan arah mesin tidak memiliki dampak yang sama besar pada kecepatan dan arah kapal seperti dalam air dangkal.Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah:**A. The reduction in speed and turning effects will vary very little between deep and shallow water**Ini menunjukkan bahwa perubahan kecepatan dan efek belok akan bervariasi sedikit antara air dalam dan air dangkal ketika mesin diubah dari "Full Ahead" ke "Full Astern".