Pertanyaan

a. memutar sprite searah jarum jam b. mengoerakkan sprile ke atah mousepointer atau ke arah sprite lainnya mengoerakkan sprite maju atau mundur d. Ufth merngoerakkan sphe pada koordinat x dan y datam stage 6. Hall mendostar yarig portu dipahami dalam therewerkse kesatahan suatu program ataupun memahami jalannya program adalah a. mornertukan sebuah dokumentasi dani program young borsangkutan b. memperthitungkan jumlah programernya c. menelusuri kode dan struktur logika yang digunakan pada program bersangkutan d. mongetatiul konsep setting komputer secara sederhana 7. Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah a. b. c. 4 SOL sendini termasuk jenis bahasa pemrograman, namun dalam implementasinya lebih cenderung pada a. output data c. fungsi data b. input data d. Basis data 13. Jenis robot menurut gambar berikut adalah a. Seript area c. Events b. Motion d. Control 12. Sebuah robot dengan penampilan secara keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut .... a. arm robetic b. drone c. humanoid d. manipulator 10 langkah ke dalam kode ares, maka bagian kode yang dipilith arialah a. Seript area 11. Guna melakukan drag perintah dengan gerak

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (73 Suara)
Rini Sari elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

1. a6. c1. b (pertanyaan ini tampaknya salah nomor dan mungkin seharusnya 7 atau pertanyaan lain sesuai konteks)8. b (jika ini mengikuti urutan sebenarnya dan mengasumsikan konteks dari pertanyaan sebelumnya)11. b12. c13. b (berdasarkan konteks sebelumnya, tapi tidak ada gambar disediakan sehingga asumsi ini didasarkan pada pilihan yang diberikan)14. d

Penjelasan

Pertanyaan ini berfokus pada pemrograman dan konsep dasar dalam pengembangan software, termasuk penggunaan Scratch, pemahaman kesalahan program, dan kategorisasi robot. Scratch merupakan platform pemrograman visual yang memudahkan pemula untuk mempelajari konsep pemrograman dengan menggunakan blok-blok kode yang dapat digerakkan. Dalam memeriksa kesalahan suatu program, penting untuk memahami dokumentasi, kode, dan logika yang digunakan. Robot humanoid adalah robot yang dirancang menyerupai dan berfungsi mirip manusia. Bahasa pemrograman generasi ketiga mengadopsi bahasa yang lebih mirip dengan bahasa manusia, tetapi masih menggunakan simbol khusus, dan ini dikenal sebagai pemrograman prosedural. Kesalahan yang terjadi saat program dijalankan (runtime error) dan kesalahan saat kompilasi (compile-time error) adalah dua jenis kesalahan yang umum dalam pemrograman.