Pertanyaan
Kepala (headline) pada iklan tersebut adalah. A. kayu jati dan kayu mahoni B. tersedia dalam berbagai model C. furnitur Jepara jati D. dengan pilihan finishing yang luas E. model yang minimalis dan modern Tujuan dari iklan tersebut adalah A. mengajak masyarakat agar membeli kursi khas Jepara B. menginformasikan bahwa Jepara memproduksi mebel C. mempromosikan produk mebel Jepara D. menggambarkan salah satu produk mebel Jepara E. produk mebel Jepara unggulan Salah satu kriteria bahasa teks iklan, yaitu membangun citra dengan menciptakan, memperbaiki, membangun, dan membentuk citra/produk tertentu. Istilah untuk kriteria tersebut adalah A. informatif B. persuasif C. pengingat D. percepatan E. pencitraan Perhatikan contoh iklan tersebut. Jika dinterpretasi dari segi maksud penciptaannya, tujuan dari iklan tersebut adalah .... A. mengajak masyarakat untuk tertib melanggar pajak B. mengajak masyarakat untuk tertib membayar pajak C. mengajak masyarakat untuk saling menghargai ketika membayar pajak D. mengajak masyarakat untuk cinta tanah air E. mengajak masyarakat untuk menunggak pajak
Solusi
Jawaban
37. C. furnitur Jepara jati38. C. mempromosikan produk mebel Jepara39. E. pencitraan40. B. mengajak masyarakat untuk tertib membayar pajak
Penjelasan
Pertanyaan 37 mengenai penentuan judul utama dari sebuah iklan dan jawabannya adalah "furnitur Jepara jati" yang cukup mencerminkan tujuan iklan dan produk yang dijual.Pertanyaan 38 adalah tentang tujuan dari sebuah iklan dan dalam konteks ini, tujuannya adalah 'mempromosikan produk mebel Jepara'.Pertanyaan 39 adalah tentang terminologi dalam periklanan apa yang digunakan untuk merujuk pada membangun citra, yaitu "pencitraan".Dan pertanyaan 40 mencoba mencari tujuan iklan yang menggunakan konteks membayar pajak. Iklan tersebut mengajak masyarakat untuk tertib membayar pajak'S.