Pertanyaan

11. bang 1945 merupakan wujud persatuan a. Sesa Indonesia yang merasa __ b. orang yang berbudaya a. senasib dan sepera merasa c. derajatnyatinggi Persudah membela tanah air 12. Perbedaan pendapat dahpara pendiri negara a. Stidak menghalangi untuk __ merumus a. bergoton b berselisih pendapat c. berebut kekuasaan d. mencapai 13. Contoh sikap positif terhadap UUD 1945 di lingkungan sekolah adadap __ b. mematuhi tata tertib sekolah a. melanggar peraturan sekolah c. membuat gaduh suasana kelas d. merusak gambar presiden 4. Suatu dikatakan menganut sistem konstitusional apabila didasarkan pada __ pemerintahan dalam negara tersebut a. kehendak para cendekiawan b. Undang-Undang Dasar (UUD) c. pendapat ahli hukum d. kebijakan wakil rakyat Sumber hukum pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah __ a. UUD 1945 b. Dasasila Bandung c. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia d. Piagam Jakarta UUD 1945 dirumuskan oleh beberapa tokoh negara. Sikap yang harus dicontoh dari tokoh- tokoh negara tersebut yaitu __ HOTS a. idealisme dan individualisme b. heroisme dan egoisme patriotisme dan nasionalisme 1. idealisme dan separatisme erhatikan beberapa pernyataan berikut! ) Membayar pajak tepat waktu. ) Belajar dengan giat dan rajin. Menggunakan hak pilih dalam pemilu. Menghormati orang lain. rilakuvano mencerminkan pelaksanaan 18. UUD NRI Tahun 1945 telah beberapa kali mengalam proses amendemen. Ha tersebut menunjukkan bahwa UUD NR Tahun 1945 __ a. masih memiliki kekurangan da kelemahan b. sangat mudah diubah sesuai keingina MPR c. bersifat supeldan luwes sesuai tuntuta MPR d. bersifat supel dan luwes mengik zaman 19. Tokoh yang berperan sebagai ket Panitia Kecil Perancang Undang-Unda Dasar adalah __ a. Mr. Moh. Yamin c. Prof. Soepor b. Ir. Soekarno d. Drs. Moh. Ha 20. Setiap siswa wajib untuk menaati tata yang berlaku di sekolah Perbuatan s yang mencerminkan ketaatan ters adalah __ HOTS sekolah a. mengerjakan pekerjaan rum b. menggunakan saragam se dengan lengkap c. me laksanakan semua perintah d. berada di perpustakaan keti belajar 21. Perhatikan beberapa lembaga be 1) Dewan Perwakilan Rakyat 1 2) Presiden/Pemerinta h/Menter 3) Mahkamah Konstitusi (MK) 4) Mahkamah Agung (MA) Lembaga yang terlibat dala penyusunan undang-undang d oleh nomor __ a. 1 dan 2 c. 2 dan b. 1 dan 3 d. 3 dan 22. Tahapan yang tepat dalam me suatu perda adalah __ a. perencanaan dan pe pembahasan, penge pengundangan, penyeba b. perencanaan dan p pengesahan dan pen penyebarluasan, pemba c. pembahasan,peng

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.6 (263 Suara)
Amisha veteran ยท Tutor selama 11 tahun

Jawaban

** a. senasib dan sepera merasa* **

Penjelasan

** Bang 1945 merupakan wujud persatuan orang-orang yang merasa senasib dan sepera, yaitu mereka yang merasakan penderitaan dan penindasan di bawah penjajahan. Mereka bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan dan membangun bangsa Indonesia.**12.*** **Jawaban:** d. mencapai* **Penjelasan:** Perbedaan pendapat di antara para pendiri negara tidak menghalangi mereka untuk mencapai tujuan bersama, yaitu merumuskan dasar negara dan membentuk negara Indonesia. Mereka berdiskusi dan berdebat dengan penuh semangat untuk mencapai kesepakatan yang terbaik bagi bangsa.**13.*** **Jawaban:** b. mematuhi tata tertib sekolah* **Penjelasan:** Sikap positif terhadap UUD 1945 di lingkungan sekolah adalah mematuhi tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah merupakan aturan yang dibuat untuk menciptakan ketertiban dan kedisiplinan di lingkungan sekolah, yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan keadilan yang tercantum dalam UUD 1945.**14.*** **Jawaban:** b. Undang-Undang Dasar (UUD)* **Penjelasan:** Suatu negara dikatakan menganut sistem konstitusional apabila pemerintahan dalam negara tersebut didasarkan pada Undang-Undang Dasar (UUD). UUD merupakan hukum tertinggi yang mengatur tentang penyelenggaraan negara, hak dan kewajiban warga negara, serta berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.**15.*** **Jawaban:** a. UUD 1945* **Penjelasan:** Sumber hukum pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah UUD 1945. UUD 1945 merupakan dasar hukum yang mengatur tentang bentuk negara, sistem pemerintahan, dan berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.**16.*** **Jawaban:** c. patriotisme dan nasionalisme* **Penjelasan:** Sikap yang harus dicontoh dari tokoh-tokoh negara yang merumuskan UUD 1945 adalah patriotisme dan nasionalisme. Patriotisme adalah rasa cinta dan kesetiaan terhadap tanah air, sedangkan nasionalisme adalah kesadaran dan semangat untuk membangun bangsa. Kedua sikap ini sangat penting untuk membangun negara yang kuat dan sejahtera.**17.*** **Jawaban:** c. Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari* **Penjelasan:** Perilaku yang mencerminkan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 adalah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi sumber nilai dan norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengamalkan Pancasila berarti menjalankan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya, seperti keadilan, persatuan, dan gotong royong.**18.*** **Jawaban:** d. bersifat supel dan luwes mengikuti zaman* **Penjelasan:** UUD NRI Tahun 1945 telah beberapa kali mengalami proses amendemen. Hal tersebut menunjukkan bahwa UUD NRI Tahun 1945 bersifat supel dan luwes mengikuti zaman. Amendemen dilakukan untuk menyesuaikan UUD dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.**19.*** **Jawaban:** a. Mr. Moh. Yamin* **Penjelasan:** Tokoh yang berperan sebagai ketua Panitia Kecil Perancang Undang-Undang Dasar adalah Mr. Moh. Yamin. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam perumusan UUD 1945.**20.*** **Jawaban:** b. menggunakan seragam sekolah dengan lengkap* **Penjelasan:** Perbuatan siswa yang mencerminkan ketaatan terhadap tata tertib sekolah adalah menggunakan seragam sekolah dengan lengkap. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mematuhi aturan yang berlaku di sekolah dan menghormati simbol-simbol sekolah.**21.*** **Jawaban:** a. 1 dan 2* **Penjelasan:** Lembaga yang terlibat dalam penyusunan undang-undang adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Presiden/Pemerintah/Menteri. DPR memiliki wewenang untuk mengajukan dan membahas rancangan undang-undang, sedangkan Presiden/Pemerintah/Menteri memiliki wewenang untuk mengesahkan undang-undang.**22.*** **Jawaban:** a. perencanaan dan penyusunan, pembahasan, pengesahan, pengundangan, penyebarluasan* **Penjelasan:** Tahapan yang tepat dalam membuat suatu perda adalah perencanaan dan penyusunan, pembahasan, pengesahan, pengundangan, dan penyebarluasan. Perda dibuat untuk mengatur kehidupan masyarakat di daerah, sehingga proses pembuatannya harus dilakukan secara sistematis dan transparan.