Pertanyaan
a . Sebutkan dan jelaskan tiga parameter gizi utama yang harus diperhatikan oleh seorang guru PAUD dalam menilai status gizi anak usia dini. b . Bagaimana cara mengukur dan menilai setiap parameter tersebut untuk menentukan apakah seorang anak memiliki status gizi yang normal , kurang gizi , atau kelebihan gizi? C . Jelaskan langkah -langkah yang harus dilakukan lbu Rina dalam melakukan penilaian status gizi seimbang pada anak- anak di kelasnya. d . Apa yang harus dilakukan lbu Rina jika ditemukan anak dengan status gizi kurang atau kelebihan gizi e . Jelaskan cara -cara yang dapat dilakukan oleh guru PAUD untuk melibatkan orang tua
Solusi
Jawaban
a. Tiga parameter gizi utama yang harus diperhatikan oleh seorang guru PAUD dalam menilai status gizi anak usia dini adalah: 1) Berat Badan (BB), 2) Tinggi Badan (TB), dan 3) Indeks Massa Tubuh (IMT).b. Cara mengukur dan menilai setiap parameter tersebut adalah: 1) Berat Badan (BB) diukur dengan timbangan dan dibandingkan dengan standar usia anak, 2) Tinggi Badan (TB) diukur dengan penggaris dan dibandingkan dengan standar usia anak, 3) Indeks Massa Tubuh (IMT) dihitung dengan rumus IMT = BB (kg) / (TB (m))^2 dan dibandingkan dengan kategori IMT anak.c. Langkah-langkah yang harus dilakukan Ibu Rina dalam melakukan penilaian status gizi seimbang pada anak-anak di kelasnya adalah: 1) Mengumpulkan data berat badan dan tinggi badan anak, 2) Menghitung IMT, 3) Membandingkan hasil IMT dengan standar usia anak, 4) Memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan hasil penilaian.d. Jika ditemukan anak dengan status gizi kurang atau kelebihan gizi, Ibu Rina harus: 1) Memberikan saran kepada orang tua anak, 2) Mengkonsultasikan dengan dokter anak, 3) Mengubah pola makan anak sesuai dengan saran dokter.e. Cara-cara yang dapat dilakukan oleh guru PAUD untuk melibatkan orang tua adalah: 1) Mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua, 2) Memberikan laporan status gizi anak secara berkala, 3) Mengajak orang tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah yang berkaitan dengan gizi anak.
Penjelasan
a. Parameter gizi utama yang harus diperhatikan oleh seorang guru PAUD dalam menilai status gizi anak usia dini adalah berat badan (BB), tinggi badan (TB), dan indeks massa tubuh (IMT). Berat badan dan tinggi badan adalah indikator langsung dari status gizi anak, sedangkan IMT adalah indikator yang menggabungkan berat badan dan tinggi badan untuk menilai status gizi anak.b. Cara mengukur dan menilai setiap parameter tersebut adalah dengan mengukur berat badan dan tinggi badan anak dengan alat ukur yang tepat dan membandingkannya dengan standar usia anak. Untuk IMT, gunakan rumus IMT = BB (kg) / (TB (m))^2 dan bandingkan dengan kategori IMT anak.c. Langkah-langkah yang harus dilakukan Ibu Rina dalam melakukan penilaian status gizi seimbang pada anak-anak di kelasnya adalah mengumpulkan data berat badan dan tinggi badan anak, menghitung IMT, membandingkan hasil IMT dengan standar usia anak, dan memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan hasil penilaian.d. Jika ditemukan anak dengan status gizi kurang atau kelebihan gizi, Ibu Rina harus memberikan saran kepada orang tua anak, mengkonsultasikan dengan dokter anak,
Similar Questions
-
Stimulus 9 Tidur terlungkup, kaki rapat dan kedua tangan berpegangan di belakang kepala kedua pergelangan kaki dipegang oleh teman Angkat badan ke atas hingga tidak menyentuh ke lantai, posisi kaki tetap masih menyentuh pada lantai lakukan latihan in berulang-ulang batas akhir melakukan latihan ini adalah badan terasa bergemetar Berdasarkan stimulus 9, pilihlah jawaban yang benar tentang aktivitas latihan di atas merupakan aktivitas latihan.... A. Latihan kekuatan otot lengan B. Latihan kekuatan otot perut C. Latihan kekuatan otot kaki D. Latihan kekuatan otot punggung
-
Apa yang harus dilakukan jika seseorang mengalami pendarahan parah .... Mencuci luka dengan air dan sabun Memberikan minuman hangat Mengompres luka dengan kain bersih dan menekan luka dengan tangan Menggosok luka dengan kasar Tindakan yang sebaiknya dilakukan jika seseorang mengalami patah tulang adalah Memberikan pijatan pada bagian yang patah Membalutnya dengan kain ketat Menahan pergerakan bagian yang patah dan memanggil bantuan medis segera Memberikan makanan untuk mengurangi rasa sakit
-
Seorang pasien usia 29 tahun dirawat di ruangan penyakit dalam di Rs hermina. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter dan selanjutnya dokter menjelaskan kondisi pasien kepada perawat yang bertugas. Apakah komunikasi yang terjadi pada kasus di atas? Komunikasi antar grup Komunikasi interprofessional Komunikasi antar budaya Komunikasi antar keyakinan Komunikasi efektif
-
Kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh ... (A) derajat kebugaran jasmani (B) volume daya tahan yang tinggi (C) kemampuan dalam melakukan aktivitas (D) tingkat kesehatan seseorang
-
Ketika terjadi cedera ringan berupa lecet, alat P3K yang bisa digunakan untuk membersihkan luka terlebih dahulu adalah .... a. perban b. kompres dingin c. larutan antiseptik d. spray penghilang nyeri Pengerutan pada otot yang muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan nyeri disebut .... a. kram c. memar b. terkilir d. luka iris Cara mengatasi kram otot secara medis dilakukan dengan menyemprotkan .... a. minyak telon b. balsam c. chlorethyl spray d. air es Untuk meredakan sakit pada luka memar dapat dilakukan dengan .... a. mengompres dengan air es b. menyemprotkan chlorethy/ spray c. menyemprotkan cairan antiseptik d. memijat'pada bagian yang memar Di bawah ini yang bukan sistematika pertolongan pertama adalah .... a. jauhkan atau hindarkan korban dari kecelakaan berikutnya b. perhatikan pernapasan dan denyut jantung korban c. perhatikan tanda-tanda shock d. menolong dengan cepat dan kurang hati-hati Perban elastis berfungsi untuk menangani cedera .... a. memar b. keseleo c. patah tulang d. luka bakar wah ini dengan benar! Jelaskan posisi tubuh y Jawab: Jelaskan secara singk Jawab: Jelaskan yang dimak Jawab: Sebutkan prinsip-p Jawab: Sebutkan jenis-jen Jawab: Jelaskan cara mer Jawab: Sebutkan urutan Jawab: Peng Jawablah pert Bagaimana pengambil Jawab: Dalam ren Jawab: Jelaskan Jawab: Pada per Apa alat Jawab: Saat me Jawab: