Pertanyaan
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a b, c, atau d pada jawaban yang benar! 1. Platiform pembelajaran pemrograman yang 9 menggunakan serupa dengan Scratch adalah __ a. Scratch b. Blockly Games C. Literasi numerik d. Modularisasi program 2. Berikut yang termasuk dalam literasi numerik dalam pemrograman adalah __ a. pembuatan program modular b. konversi sistem bilangan C. penggunaan antarmuka visual d. pembuatan hipotesis sains 3 Pendekatan pemrograman di mana program dibagi menjadi modul terpisah adalah __ a.modularisasi program b. literasi sains C. konversi sistem bilangan d. literasi numerik 4 Sistem bilangan yang menggunakan basis 10 dengan digit 0-9 disebut __ a. bilangan biner b. bilangan oktal C. bilangan desimal d. bilangan heksdesimal 5. Bilangan heksadesimal adalah sistem bilangan dengan basis __ a. 2 C. 10 b. 8 d 16 6. Bilangan biner menggunakan basis __ a. 2 C. 10 b. 8 d. 16 7. Blok perintah move (10) steps digunakan untuk __ a.memutar sprite searah jarum jam b. menggerakkan sprite ke arah mouse- pointer atau ke arah sprite lainnya C.menggerakkan sprite maju atau mundur d.guna menggerakkan sprite pada koordinat x dan y dalam stage Sebuah robot penampilan secara keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut __ a. Arm robotic C. Humanoid b. Drone d. Manipulator Sebuah mesin buatan manusia yang mampu melakukan suatu pekerjaan baik secara otomatis maupun melalui remole control dikenal dengan istilah __ a. android C. ragum b. komputer d robot 10. Bahasa komputer asli yang hanya terdiri dari karakter 0 (nol)dan 1 (satu) dikenal dengan sebutan __ a. comportable language b. editorial language C. machine language d. tesktual language 11. Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah __ a degrees b. C. to (1) d. - (E) degrees 12. Menu Code pada Scratch yang berkaitan dengan kejadian pada script area adalah __ a. control C. motion b. events d sound 13. Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menjalankan baris kode secara berulang- ulang disebut dengan __ C. a. sekuensial percabangan b.perulangan d. oriented 14. Perhatikan poin-poin berikut! (1)PHP (3) Variabel (2) Java. (4) C++ Berdasarkan data di atas yang termasuk dari bahasa pemrograman ditunjukkan pada nomor __ (HOTS) a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) C. (1),3), dan (4) d. (2)(3), dan (4) 15. Peran utama robot di era digital adalah __ a. mengurangi efisiensi operasional b. meningkatkan risiko kecelakaan C. memastikan produksi berlangsung tanpa hambatan d.menghambat produktivitas keseluruhan
Solusi
Jawaban
1. **a. Scratch** - Scratch adalah platform pembelajaran pemrograman yang serupa dengan Scratch.2. **b. konversi sistem bilangan** - Literasi numerik dalam pemrograman mencakup konversi sistem bilangan.3. **a. modularisasi program** - Pendekatan pemrograman di mana program dibagi menjadi modul terpisah disebut modularisasi program.4. **c. bilangan desimal** - Sistem bilangan yang menggunakan basis 10 dengan digit 0-9 disebut bilangan desimal.5. **d. 16** - Bilangan heksadesimal adalah sistem bilangan dengan basis 16.6. **a. 2** - Bilangan biner menggunakan basis 2.7. **c. menggerakkan sprite maju atau mundur** - Blok perintah move (10) steps digunakan untuk menggerakkan sprite maju atau mundur.8. **c. Humanoid** - Sebuah robot dengan penampilan secara keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut humanoid.9. **d. robot** - Sebuah mesin buatan manusia yang mampu melakukan suatu pekerjaan baik secara otomatis maupun melalui remote control dikenal dengan istilah robot.10. **c. machine language** - Bahasa komputer asli yang hanya terdiri dari karakter 0 (nol) dan 1 (satu) dikenal dengan sebutan machine language.11. **d. turn - (E) degrees** - Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah turn - (E) degrees.12. **b. events** - Menu Code pada Scratch yang berkaitan dengan kejadian pada script area adalah events.13. **b. perulangan** - Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menjalankan baris kode secara berulang-ulang disebut dengan perulangan.14. **b. (1), (2), dan (4)** - Berdasarkan data di atas yang termasuk dari bahasa pemrograman ditunjukkan pada nomor (1), (2), dan (4).15. **c. memastikan produksi berlangsung tanpa hambatan** - Peran utama robot di era digital adalah memastikan produksi berlangsung tanpa hambatan.