Pertanyaan
7. Jelaskan seperti apa digital divide (kesenjangan digital) yang terjadi di negara Indonesia ini berikan contohnya!
Solusi
Jawaban
**Kesenjangan digital di Indonesia adalah kondisi di mana akses dan keterampilan teknologi informasi dan komunikTIK) tidak merata di kalangan masyarakat. Contohnya termasuk perbedaan akses internet antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta antara keluarga dengan kemampuan ekonomi yang berbeda. Selain itu, keterampilan teknis yang tidak merata dan ketersediaan perangkat digital yang terbatas, terutama di daerah terpencil, memperburuk kesenjangan ini. Pembelajaran digital juga menghadapi tantangan dalam hal kualitas materi dan infrastruktur pendidikan yang belum memadai.
Penjelasan
**Kesenjangan digital atau "digital divide" adalah perbedaan antara individu, rumah tangga, bisnis, dan daerah yang memiliki akses dan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan yang tidak memilikinya. Di Indonesia, kesenjangan digital ini dapat dilihat dari beberapa aspek:1. **Akses Internet:** - **Urban vs Rural:** Penduduk di daerah perkotaan umumnya memiliki akses internet yang lebih baik dibandingkan dengan penduduk di daerah pedesaan. Misalnya, di Jakarta atau Surabaya, banyak rumah tangga yang sudah terhubung ke internet berkecepatan tinggi, sementara di beberapa daerah terpencil, akses internet masih terbatas dan sering kali hanya tersedia melalui jaringan seluler dengan kecepatan yang lambat. - **Kemampuan Ekonomi:** Kesenjangan ekonomi juga mempengaruhi akses internet. Keluarga dengan pendapatan lebih tinggi cenderung mampu membeli perangkat dan layanan internet yang lebih mahal, sedangkan keluarga dengan pendapatan rendah mungkin hanya memiliki akses internet melalui paket data seluler yang terbatas.2. **Penggunaan Perangkat Digital:** - **Keterampilan Teknis:** Tidak semua orang memiliki keterampilan teknis yang sama dalam menggunakan perangkat digital. Di sekolah-sekolah, meskipun fasilitas komputer sudah semakin banyak, namun keterampilan penggunaannya masih menjadi tantangan, terutama di daerah dengan fasilitas yang kurang memadai. - **Ketersediaan Perangkat:** Kesenjangan dalam ketersediaan perangkat digital seperti komputer, smartphone, dan tablet juga menjadi faktor. Banyak siswa di daerah terpencil yang tidak memiliki akses ke perangkat digital yang memadai untuk mendukung pembelajaran online.3. **Pembelajaran Digital:** - **Kualitas Pendidikan:** Pembelajaran digital menghadapi tantangan dalam hal kualitas konten dan materi pembelajaran yang tersedia. Banyak sekolah yang masih menggunakan materi pembelajaran yang kurang memadai atau tidak sesuai standar, sehingga kualitas pembelajaran digital tidak sebanding dengan kebutuhan siswa. - **Infrastruktur Pendidikan:** Infrastruktur pendidikan yang belum memadai di beberapa daerah juga menjadi hambatan. Sekolah-sekolah di daerah terpencil sering kali tidak memiliki fasilitas yang cukup untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara digital.**