Pertanyaan
27. Pasar merupakan tempat untuk penjual dan pembeli bertemu. Ketika terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli maka saat itu pasar mempunyai fungsi __ a. distribusi b. tawar-menawar harga c. pembentuk harga d. promosi 28. Pasar yang mempertemukar antara penjual dan pembeli atas modal yang berjangka waktu panjang, di mana modal yang diperdagangkan berbentuk surat berharga adalah pasar __ a. faktor produksi modal b. nasional c. konkret d. persaingan sempurna 29. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! 1) Para pelaku pasar mempunyai sedikit kekuasaar memengaruhi harga. 2) Persaingan penjualan sangat aktif. 3) Terdapat banyak penjual. 4) Barangnya berbeda corak Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari pasar __ HOTS a. oligopoli b. monopolistik c monopoli d. persaingan sempurna
Solusi
Jawaban
**27. Pasar merupakan tempat untuk penjual dan pembeli bertemu. Ketika terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli, maka saat itu pasar mempunyai fungsi __****c. pembentuk harga****Penjelasan:** Fungsi pasar sebagai pembentuk harga terjadi ketika penjual dan pembeli mencapai kesepakatan mengenai harga suatu barang atau jasa. Pada titik ini, harga yang disepakati dianggap sebagai harga equilibrium di pasar.**28. Pasar yang mempertemukan antara penjual dan pembeli atas modal yang berjangka waktu panjang, di mana modal yang diperdagangkan berbentuk surat berharga adalah pasar __****a. faktor produksi modal****Penjelasan:** Pasar faktor produksi modal adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam jangka waktu yang panjang, dan modal yang diperdagangkan biasanya berbentuk surat berharga seperti saham atau obligasi.**29. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!**1) Para pelaku pasar mempunyai sedikit kekuasaan memengaruhi harga.2) Persaingan promosi penjualan sangat aktif.3) Terdapat banyak penjual.4) Barangnya berbeda corak.**Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari pasar __ HOTS****b. monopolistik****Penjelasan:** Pasar monopolistik adalah pasar yang memiliki karakteristik sebagai berikut:- Banyak penjual yang beroperasi.- Produk yang dijual memiliki perbedaan corak atau diferensiasi produk.- Para pelaku pasar memiliki sedikit kekuasaan untuk memengaruhi harga karena adanya diferensiasi produk.- Persaingan promosi penjualan sangat aktif untuk menarik konsumen.-ciri tersebut sesuai dengan pernyataan yang diberikan.