Pertanyaan

Pertanyaan 11 dari 15 Setelah mengikuti pelatihan tentang manajemen program berbasis refleksi dan evaluasi berkelanjutar Anda sebagai kepala sekolah memutuskan untuk mengevaluasi program literasi yang telah berjalan selama satu tahun terakhir. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa keterampilan literasi siswa belum mengalami peningkatan yang signifikan. Anda menyadari bahwa kurangnya keterlibatan guru dalam perencanaar dan pengawasar program mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu. evaluasi program hanya dilakukan di akhir tanpa adanya evaluasi berkala yang dapat membantu mendeteksi dan memperbaiki masalah lebih awal. Apa langkah yang akan Anda ambil untuk memastikan program literasi ini dapat diperbaiki dan mencapai tujuan yang diharapkan? Memberikan arahan lebih spesifik kepada guru-guru dan melanjutkan program literasi sesuai rencana karena hasil akan terlihat jika program dijalankan lebih lama. Mengadakan rapat dengan seluruh guru untuk membahas hasil evaluasi, meminta masukan untuk perbaikan program dan menetapkan mekanisme evaluasi berkala. Merancang kembali program literasi dengan melibatkan guru fimk tahap perencanaan menentukan target dan memantau perkembangan keterampilan literasi siswa. Mengadakan pelatihan literasi yang interaktif bagi guru agar dapat segera diimplementasikan di kelas, dan mulai melakukan evaluasi di tengah program.

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.1 (216 Suara)
Sanjoli elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

Jawaban yang paling tepat adalah **Mengadakan rapat dengan seluruh guru untuk membahas hasil evaluasi, meminta masukan untuk perbaikan program dan menetapkan mekanisme evaluasi berkala.**Alasannya: Opsi ini mencakup beberapa aspek penting yang diidentifikasi dalam permasalahan:* **Keterlibatan Guru:** Permasalahan utama adalah kurangnya keterlibatan guru dalam perencanaan dan pengawasan. Rapat dengan guru memungkinkan partisipasi aktif mereka dalam menemukan solusi dan memperbaiki program. Mendapatkan masukan langsung dari mereka yang melaksanakan program sangat krusial.* **Evaluasi Berkala:** Evaluasi hanya di akhir program terbukti tidak efektif. Menetapkan mekanisme evaluasi berkala memungkinkan deteksi dini masalah dan penyesuaian program secara tepat waktu, mencegah pemborosan sumber daya dan waktu.* **Perbaikan Program:** Rapat tersebut menyediakan forum untuk membahas hasil evaluasi secara detail, mengidentifikasi akar penyebab kegagalan, dan merumuskan strategi perbaikan yang komprehensif.Opsi lain kurang komprehensif:* Memberikan arahan lebih spesifik kepada guru-guru dan melanjutkan program literasi sesuai rencana: Ini hanya berfokus pada memberikan arahan tanpa melibatkan guru dalam proses perbaikan. Tanpa masukan guru, perbaikan mungkin tidak efektif.* Merancang kembali program literasi dengan melibatkan guru SMK tahap perencanaan menentukan target dan memantau perkembangan keterampilan literasi siswa: Meskipun melibatkan guru, tidak jelas apakah guru yang terlibat adalah guru yang *sebenarnya* mengajar program literasi di sekolah tersebut. Menggunakan guru dari SMK yang mungkin memiliki kurikulum berbeda bisa kurang relevan.* Mengadakan pelatihan literasi yang interaktif bagi guru agar diimplementasikan di kelas, dan mulai melakukan evaluasi di tengah program: Pelatihan penting, tetapi tidak cukup. Pelatihan tanpa mekanisme evaluasi berkala dan masukan guru dalam proses perbaikan program tetap kurang efektif.Kesimpulannya, mengadakan rapat dan melibatkan guru secara aktif dalam proses evaluasi dan perbaikan program merupakan langkah paling efektif dan komprehensif untuk meningkatkan program literasi.