Pertanyaan
K D 3.1 Mengident fikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan SDA utk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kotal kabupaten sampai tingkat propinsi. Untuk no presensi ganjil 1. Dari Kompetensi dasar diatas rumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi kemudian rumuskan tujuan pembelajaran minimal 5 2. Dari rumusan tujuan pembelajaran buatlah: Bahan ajar, Media pembelajarar I dan LKPD dari setiap tujuan pembelajarannya 3. Buatlah instrumen Penilaiannya. 4. Buatlah skenario pembelajarannya
Solusi
Jawaban
**1. Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran:****Indikator Pencapaian Kompetensi:**- Mampu mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan SDA di tingkat kota, kabupaten, dan propinsi.- Mampu menganalisis dampak pemanfaatan SDA terhadap kesejahteraan masyarakat.- Mampu merumuskan strategi pemanfaatan SDA yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.**Tujuan Pembelajaran:**1. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan SDA di tingkat kota, kabupaten, dan propinsi.2. Siswa dapat menganalisis dampak pemanfaatan SDA terhadap kesejahteraan masyarakat.3. Siswa dapat merumuskan strategi pemanfaatan SDA yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.4. Siswa dapat membandingkan pemanfaatan SDA di berbagai tingkat administratif.5. Siswa dapat mengevaluasi keberlanjutan pemanfaatan SDA dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.**2. Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan LKPD:****Tujuan Pembelajaran 1:**- **Bahan Ajar:** Peta konsep tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan SDA.- **Media Pembelajaran:** Peta interaktif digital dan video dokumenter.- **LKPD:** Modul pembelajaran interaktif dengan soal-soal latihan dan kasus studi.**Tujuan Pembelajaran 2:**- **Bahan Ajar:** Artikel dan jurnal tentang dampak pemanfaatan SDA terhadap kesejahteraan masyarakat.- **Media Pembelajaran:** Presentasi PowerPoint dan diskusi kelompok.- **LKPD:** Buku catatan dan lembar kerja soal.**Tujuan Pembelajaran 3:**- **Bahan Ajar:** Panduan perencanaan pembangunan berkelanjutan.- **Media Pembelajaran:** Simulasi perencanaan pembangunan dan role-playing.- **LKPD:** Workbook untuk merumuskan strategi pemanfaatan SDA.**Tujuan Pembelajaran 4:**- **Bahan Ajar:** Data statistik dan laporan penelitian tentang pemanfaatan SDA di berbagai tingkat administratif.- **Media Pembelajaran:** Infografis dan grafik komparatif.- **LKPD:** Kertas pembelajaran dengan kolom untuk catatan dan analisis.**Tujuan Pembelajaran 5:**- **Bahan Ajar:** Studi kasus tentang program pemanfaatan SDA yang berhasil.- **Media Pembelajaran:** Video success story dan wawancara ahli.- **LKPD:** Formulir evaluasi keberlanjutan program.**3. Instrumen Penilaian:**- **Kuis Pilihan Ganda:** Untuk menguji pemahaman siswa tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan SDA.- **Soal Essay:** Untuk mengevaluasi kemampuan analisis siswa terhadap dampak pemanfaatan SDA.- **Proyek Kelompok:** Untuk mengukur kemampuan siswa dalam merumuskan strategi pemanfaatan SDA yang berkelanjutan.- **Presentasi:** Untuk menilai kemampuan siswa dalam membandingkan pemanfaatan SDA di berbagai tingkat administratif.- **Refleksi Diri:** Untuk mengevaluasi keberlanjutan pemanfaatan SDA dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.**4. Skenario Pembelajaran:**- **Pendahuluan:** Guru memperkenalkan topik dengan presentasi visual dan video dokumenter.- **Pembelajaran:** Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk membahas dan menganalisis materi dengan bantuan peta konsep dan artikel.- **Diskusi:** Kelompok-kelompok siswa mempresentasikan temuan mereka dan mendiskusikan strategi pemanfaatan SDA yang berkelanjutan.- **Latihan:** Siswa melakukan latihan soal dan proyek kelompok untuk merumuskan strategi pemanfaatan SDA.- **Evaluasi:** Siswa mengevaluasi keberlanj