Pertanyaan

5. Bu Yuli sedang mempersiapkan bahan pembelajaran IPS yang akan digunakan di kelas Topik materi hari itu adalah "Kenampakan Alam dan Buatan, serta Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia. Seperti biasa, sebelum mengajar Bu Yuli mencermati materi dengan seksama untuk menemukan kategori ranah dan level berpikir yang diharapkan dapat dikuasai siswa setelah mempelajari materi. Tetapi, karena materinya baru, Bu Yuli merasa perlu berdiskusi sehingg:pengkategorian yang dihasilkan tepat sasaran. Bantulah Bu Yuli mengkategorikan materi tersebut dalam bentuk tabel! Jawaban:

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.3 (158 Suara)
Gopi veteran ยท Tutor selama 11 tahun

Jawaban

**Kategori Ranah dan Level Berpikir untuk Materi "Kenampakan Alam dan Buatan, serta Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia"**| **Kategori Ranah** | **Level Berpikir** | **Deskripsi** ||---------------------|---------------------|----------------|| **Kognitif** | Memahami | Siswa dapat menjelaskan konsep dasar kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. || **Afektif** | Sikap | Siswa menunjukkan minat dan kepedulian terhadap kenampakan alam dan buatan serta pentingnya pembagian wilayah waktu. || **Psikomotorik** | Keterampilan | Siswa mampu mengidentifikasi dan mengenali peta wilayah waktu di Indonesia melalui kegiatan praktis atau simulasi. |**Penjelasan:**1. **Kognitif (Memahami):** Pada level ini, siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan konsep dasar mengenai kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. Ini melibatkan pengetahuan faktual dan pemahaman konseptual.2. **Afektif (Sikap):** Pada level ini, siswa diharapkan menunjukkan sikap positif seperti minat dan kepedulian terhadap materi yang dipelajari. Ini mencakup aspek nilai-nilai dan kebiasaan yang mendukung pembelajaran.3. **Psikomotorik (Keterampilan):** Pada level ini, siswa diharapkan mampu melakukan kegiatan praktis atau simulasi untuk mengidentifikasi dan mengenali peta wilayah waktu di Indonesia. Ini melibatkan keterampilan motorik dan kemampuan aplikasi pengetahuan dalam situasi nyata.Dengan mengkategorikan materi ini, Bu Yuli dapat merancang kegiatan pembelajaran yang lebih terstruktur dan sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.