Pertanyaan
4. Teknik dapat mengandung berupa makna yaitu cara-cara dan alat-alat yang digunakan guru dalam kelas ketika proses belajar mengajar dilaksanakan . Menurut pendapat Saliwangi ada enam teknik pembelajaran bahasa , yaitu: (a) teknik ceramah, (b)teknik Tanya jawab, (c)teknik diskusi kelompok, (d) teknik pemberian tugas, (e) teknik rạmu pendapat (brainstorming), (f) teknik simulasi Jelaskan dengan singkat enam macam teknik tersebut.
Solusi
Jawaban
(a) Teknik ceramah adalah metode pembelajaran di mana guru menyampaikan materi pelajaran secara langsung kepada siswa.(b) Teknik Tanya jawab adalah metode pembelajaran di mana siswa diajak untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau sesama siswa.(c) Teknik diskusi kelompok adalah metode pembelajaran di mana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan diberi kesempatan untuk berdiskusi mengenai materi pelajaran.(d) Teknik pemberian tugas adalah metode pembelajaran di mana siswa diberi tugas untuk dikerjakan secara mandiri atau berkelompok.(e) Teknik rạmu pendapat (brainstorming) adalah metode pembelajaran di mana siswa diajak untuk berbagi ide atau pendapat mengenai suatu topik atau masalah.(f) Teknik simulasi adalah metode pembelajaran di mana siswa diberi kesempatan untuk berlatih dalam situasi yang menyerupai situasi nyata.
Penjelasan
Pembelajaran bahasa memerlukan berbagai teknik untuk memfasilitasi proses belajar mengajar. Menurut Saliwangi, ada enam teknik pembelajaran bahasa yang dapat digunakan oleh guru dalam kelas. Teknik-teknik tersebut adalah:1. Teknik ceramah: Metode ini memungkinkan guru untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan secara langsung kepada siswa. Guru berperan sebagai pusat informasi dan siswa sebagai penerima informasi.2. Teknik Tanya jawab: Metode ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Siswa diajak untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau sesama siswa.3. Teknik diskusi kelompok: Metode ini memungkinkan siswa untuk berdiskusi dalam kelompok kecil. Diskusi ini dapat membantu siswa memahami materi dari berbagai perspektif dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.4. Teknik pemberian tugas: Dengan metode ini, siswa diberi tugas untuk dikerjakan. Tugas ini dapat berupa latihan, penulisan, atau proyek. Metode ini mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan bertanggung jawab atas pembelajarannya.5. Teknik rạmu pendapat (brainstorming): Metode ini mendorong siswa untuk berbagi ide atau pendapat mengenai suatu topik atau masalah. Hal ini dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.6. Teknik simulasi: Metode ini memungkinkan siswa untuk berlatih dalam situasi yang menyerupai situasi nyata. Hal ini dapat membantu siswa mempersiapkan diri untuk situasi nyata dan meningkatkan keterampilan mereka dalam berkomunikasi.