Pertanyaan
Hal-hal terkait dengan Kode Internasional Pemasaran Pengganti ASI , kecuali: Kebijakan global yang mengatur standar minimal pemasaran produk ASI, botol susu/pengganti ASI & empeng Bertujuan untuk melindungi ibu/perempuan dari misinformasi tentang menyusui dan pemberian makan pada bayi dan anak melalui pembatasan pemasaran, promosi, iklan semua pengganti
Solusi
Jawaban
Hal-hal yang **tidak** terkait dengan Kode Internasional Pemasaran Pengganti ASI (International Code of Marketing of Breast-milk Substitutes, atau disingkat ICMC) kecuali poin yang Anda sebutkan, meliputi:* **Regulasi spesifik mengenai harga pengganti ASI:** ICMC tidak mengatur harga pengganti ASI, meskipun harga yang tidak terjangkau dapat menghambat akses terhadap ASI dan melanggar semangat kode tersebut.* **Aturan detail mengenai desain kemasan pengganti ASI:** ICMC menetapkan batasan pada klaim dan informasi yang terdapat pada kemasan, tetapi tidak mengatur secara detail aspek desain kemasan.* **Penegakan hukum yang seragam di seluruh dunia:** Meskipun ICMC bertujuan untuk penerapan global, penegakan hukum dan tingkat kepatuhannya bervariasi antar negara. Tidak ada badan internasional tunggal yang secara efektif menegakkan kode ini di seluruh dunia.* **Peraturan mengenai pemasaran produk pelengkap makanan bayi (complementary foods):** Meskipun ada hubungannya, ICMC secara khusus berfokus pada pengganti ASI, bukan produk makanan bayi lainnya yang diberikan setelah masa menyusui.* **Promosi dan penjualan produk-produk yang mendukung menyusui (misalnya, pompa ASI):** ICMC tidak melarang promosi produk yang mendukung praktik menyusui.Intinya, ICMC menetapkan kerangka kerja etis dan regulasi untuk pemasaran pengganti ASI, tetapi tidak mencakup semua aspek terkait industri makanan bayi secara menyeluruh. Fokus utamanya adalah melindungi ibu dan bayi dari praktik pemasaran yang menyesatkan dan agresif yang dapat mengancam keberhasilan menyusui.