Pertanyaan
21. Cermati kutipan novel berikut. dibuat penduduk (1) Ada banyak jalur jalan setapak di dalam rimba.lewati untuk Ingin tahu (5)Aku terengah anak-anak kampung lain yang penasaran.aku damereka mengerjakan mata sendiri si pengebom huta meledak herpeluh bukit, Kak Pukat menyeka dahinya yang (Burlian karya Ter __ tersebut terdapat pada kalimat nomor seorang yang memiliki rasa ingin tahu dalam kutip D. (3)dan (4) E. (4)dan (5) A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (2) dan (4) 22. Cermati kutipan novel berikut. (1) Pagi esoknya kudengar lagi siul Berlian (2) Ia menyiulkan nyanyi yang sama.di delima yang sama, tempat ia biasa bertengger bersama Intan (3) Kuharap siulannya di siulan Intan seperti biasanya lalu mereka bernyanyi bersahut -sahutan (4) Namun parau, Berlian hanya hersiul sendiri. (5)Tak sampai hati aku membuka jendela. (Sirkus Pohon karya Andrea Bukti latar tempat dalam kutipan novel tersebut berada di dalam rumah terdapat pad nomor __ A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3) 23. Cermati kutipan novel berikut. Dalam suratnya Tegar menulis bahwa tadi dia datang ke sirkus untuk berpamitan Tara dan ibunya, tapi mereka tidak berada di tempat.Sore itu juga dia akan berto Jakarta naik kapal. Dia mendadak berangkat karena baru menerima kabar dari saha sesama tamatan madrasah bahwa ada lowongan kerja untuknya di Jakarta.Tegar tolong kepada Tara untuk meyampaikan pesan pamitannya kepada Ibu Bos karena tahu, Ibu Bos sedang sangat sibuk, banyak urusan mendadak. (Sirkus Pohon karya Andrea Nilai pendidikan yang terkandung dalam kutipan novel tersebut adalah __ A. Tulislah pesan melalui surat jika kita berhalangan. B. Jika akan bepergian hendaknya kita berpamitan. C. Carilah pekerjaan sesuai dengan D Janganlah mengganggu kesibukan serampilan yang dimiliki.cnambah beban. sahabat hendaknya saling berkirim kabar agar hubungan tetap terjalin.
Solusi
Jawaban
21.C. (2) dan (4)22.E. (5)23.B. Jika akan bepergian hendaknya kita berpamitan.
Penjelasan
21. Pertanyaan ini menguji kemampuan pembaca untuk menentukan bagian kutipan novel yang menunjukkan watak tokoh berdasarkan rasa ingin tahu. Dalam kutipan, rasa ingin tahu tokoh 'aku' terhadap apa yang dilakukan oleh orang lain dan ingin melihat dengan mata kepala sendiri diindikasikan oleh kalimat yang menggambarkan tindakan tokoh tersebut dalam mengikuti atau menyelidiki sesuatu. Lalimat yang paling tepat menunjukkan ini adalah (3) "Ingin tahu k" dan (4) "T mata sendiri si pengebom hutan", dimana tokoh 'aku' ingin mengetahui lebih dekat dan melihat dengan mata sendiri, yang menunjukkan rasa ingin tahu.22. Pertanyaan ini berfokus pada identifikasi bukti latar tempat dalam kutipan novel. Latar tempat dapat diidentifikasi melalui konteks atau detail yang menyiratkan di mana peristiwa itu berlangsung. Dalam kutipan, bukti yang menunjukkan latar tempat berada di dalam rumah adalah (5) "Tak sampai hati aku membuka jendela", karena membuka jendela merupakan tindakan yang biasanya dilakukan di dalam rumah.23. Pertanyaan ini meminta identifikasi nilai pendidikan yang terkandung dalam kutipan novel. Nilai pendidikan bisa ditentukan dari tindakan atau pesan moral yang disampaikan melalui peristiwa atau dialog dalam kutipan. Dalam konteks kutipan, nilai pendidikan yang paling menonjol adalah tentang pentingnya berpamitan atau menyampaikan pesan saat akan pergi, terutama dalam konteks perpindahan atau perjalanan penting, yang terangkum dalam pilihan "B. Jika akan bepergian hendaknya kita berpamitan." Ini menunjukkan nilai kepedulian dan menghormati orang lain dengan memberitahu mereka tentang kepergian kita.