Pertanyaan
Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, SiCepat Ekspres meluncurkan produk layanan Berani Bayar Murah (BBM). Layanan BBM ini dapat dinikmati oleh para customer, baik seller maupun buyer yang melakukan transaksi pengiriman di segmen social commerce, corporate, partner B2B2C (Business to Business to Consumer), maupun transaksi cash melalui gerai dan aplikasi SiCepat Superapp. Dituturkan Wiwin Dewi Herawati, Chief Marketing & Corporate Communication OfficersiCepat Ekspres, peluncuran produk layanan BBM ini merupakan inovasi terbaru yang dihadirkan oleh SiCepat Ekspres untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi customer yang ada di beberapa segmen market, selain marketplace. "Setelah adanya produk Harga Mulai Lima Ribu (HALU) yang sukses menyita perhatian para customer di segmen marketplace pada 2021 lalu, kini SiCepat kembali menghadirkan inovasi layanan pengiriman baru yang ekonomis. Oleh karena itu, melalui layanan Berani Bayar Murah ini, kami membuka kesempatan tersebut, agar para customer di segmen social commerce, corporate, B2B2C dapat merasakan benefit harga ekonomis yang sama. Melalui dukungan layanan ongkos kirim yang ekonomis ini, kami berharap dapat semakin membantu bisnis customer untuk semakin berkembang dan lebih menguntungkan," papar Wiwin. Lebih jauh ia menjelaskan, produk BBM ini menawarkan tarif ongkos kirim ekonomis yang sama dengan layanan HALU. Hanya saja, segmen market yang disasar berbeda. Sejalan dengan tagline perusahaan "Ketika Semua Jadi Mudah", melalui hadirnya layanan baru SiCepat, perusahaan berkomitmen kepada customer untuk dapat merasakan pengalaman pengiriman yang mudah dijangkau, berkualitas, cepat, aman, dan menguntungkan. Layanan BBM juga memiliki jangkauan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan ini juga memberikan kemudahan pick up yang fleksibel dan dapat dinikmati dengan metode pengiriman Cash On Delivery (COD) bagi customer yang telah terintegrasi dengan API dengan sistem SiCepat Shipping Tools (SST). Strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan ? buatlah perbandingan layanan yang ditawarkan dengan layanan sebelumnya Bagaimana perusahaan mempertahankan konsumen yang beragam
Solusi
Jawaban
1. Strategi yang digunakan oleh SiCepat Ekspres untuk meningkatkan pelayanan adalah dengan meluncurkan produk layanan baru yang disebut "Berani Bayar Murah (BBM)". Layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi pelanggan di berbagai segmen pasar, termasuk social commerce, corporate, b2b2c, dan transaksi tunai melalui gerai dan aplikasi.2. Layanan baru "BBM" ini menawarkan manfaat yang sama dengan layanan sebelumnya "Harga Mulai Lima Ribu (HALU)". Namun, segmen pasar yang ditarget membedakan layanan ini, hipotensa BBM lebih luas karena mencakup pelanggan transaksi tunai dan partner B2B2C.3. Perusahaan mempertahankan konsumen yang beragam melalui inovasi dalam layanan mereka, seperti dengan memperluas penawarannya untuk mencakup segmen pasar baru dan memberikan pilihan yang lebih ekonomis melalui produk BBM ini. Selain itu, layanan mereka juga menawarkan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, bersama dengan pilihan penjemputan yang sangat fleksibel dan metode pengiriman Cash On Delivery (COD) untuk pelanggan yang telah terintegrasi dengan sistem mereka. Selain itu, mereka berkomitmen untuk menawarkan pengalaman pengiriman yang mudah, berkualitas, cepat, aman dan menguntungkan.
Penjelasan
Pertanyaan 1 meminta kita untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh SiCepat Ekspres untuk meningkatkan pelayanan melalui inovasi. Kunci untuk pertanyaan ini dapat ditemukan di awal dan akhir makalah. Untuk pertanyaan 2, pernyataan kunci terletak tidak hanya pada tarif ongkos kirim yang diklaim ekonomis dan sama dengan layanan HALU, tetapi juga pada perbedaan segmen pasar yang di target, jangkauan item yang lebih luas pada layanan sistem B2B2C dan transaksi tunai melalui berbagai gerai dan aplikasi.Pertanyaan 3 meminta kita untuk menjelaskan bagaimana perusahaan mempertahankan diri di mata pelanggannya, terutama dengan cara menyesuaikan layanan tersebuat dengan beragam konsumen yang dituju dengan produk berjinak dari berbagai penawaran dan menjadikannya lebih ekonomis. Kunci untuk menjawab pertanyaan ini terletak pada komitmen perusahaan untuk kemudahan, kualitas, kecepatan, keamanan dan kemampuan mereka untuk memberikan layanan yang memiliki manfaat.