Pertanyaan
BuTuti merancang pembelajaran dengan model Dick and Carey untuk topik "Ekosistem dan Kelestarian Lingkungan." Setelah menganalisis kebutuhan siswa, ia menetapkan tujuan pembelajaran: "Siswa mampu membuat rencana aksi untuk menjaga kelestarian lingkungan berdasarkan pemahaman tentang ekosistem.' la kemudian menyusun strategi pembelajaran berupa diskusi kelompok dan proyek aksi lingkungan . Untuk mengevaluasi hasil pembelajaran, Bu Tuti merancang rubrik penilaian yang mencakup aspek kognitif afektif, dan psikomotor. Langkah apa yang harus dilakukan Bu Tuti berikutnya dalam desain pembelajaran? a. Menyesuaikan rubrik penilaian dengan kebutuhan siswa tanpa mengubah strategi pembelajaran. b. Mengembangkan materi ajar dan media pembelajaran yang mendukung strategi dan tujuan yang telah ditetapkan. c. Melakukan uji coba pembelajaran langsung di kelas untuk mengetahui efektivitas desain pembelajaran. d. Melakukan analisis ulang tujuan pembelajaran berdasarkan hasil proyek siswa.
Solusi
Jawaban
Jawaban yang tepat adalah **b. Mengembangkan materi ajar dan media pembelajaran yang mendukung strategi dan tujuan yang telah ditetapkan.**Setelah menetapkan tujuan pembelajaran dan strategi (diskusi kelompok dan proyek aksi lingkungan), langkah selanjutnya dalam model Dick and Carey adalah mengembangkan materi ajar dan media pembelajaran yang akan mendukung tercapainya tujuan tersebut. Bu Tuti perlu menyiapkan materi pembelajaran tentang ekosistem dan kelestarian lingkungan yang relevan, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa. Media pembelajaran seperti video, gambar, presentasi, atau bahkan kunjungan lapangan dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan mendukung proses diskusi kelompok serta pelaksanaan proyek aksi lingkungan. Pilihan a, c, dan d merupakan langkah-langkah yang penting dalam model Dick and Carey, tetapi dilakukan *setelah* pengembangan materi ajar dan media pembelajaran. Menyesuaikan rubrik (a) dilakukan setelah materi ajar dan media pembelajaran siap. Uji coba (c) dilakukan setelah semua komponen pembelajaran siap untuk diuji. Analisis ulang tujuan (d) dilakukan setelah evaluasi pembelajaran dilakukan, dan hasilnya menunjukkan kebutuhan revisi.