Pertanyaan

3(x-1)+x=-x+7," Persamaan asil " 3(2-1)+2=-2+7," Substitusi "x=2 3(1)+2=5," Menyederhanakan " 5quad=5," Solusi teruji " Jika ada koefisien-koefisien dalam suatu persamaan berbentuk pecahan, kalikan kedua ruas dengan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari penyebut-penyebutnya, untuk menghilangkan pecahan tersebut. Karena setiap bilangan desimal dapat ditulis ke dalam bentuk pecahan, maka dalam menyelesaikan persamaan yang memuat koefisien desimal, kita dapat mengubah bentuk desimal tersebut ke dalam bentuk pecahan terlebih dahulu. Tentukan penyelesaian dari persamaan: (1)/(4)(n +8)-2=(1)/(2)(n-6) . Pembahasan: (1)/(4)(n+8)-2=(1)/(2)(n-6)quad Persamaan asli (1)/(4)n+2-2=(1)/(2)n-3quad Sifat distribusi (1)/(4)n =(1)/(2)n-3 =4((1)/(2)n-3) Operasi suku-suku serupa Kalikan kedua ruas dengan KPK=4 Sifat distributif Kurangkandengan 2n kalikan dengan -1 Dengan menguji persamaan asli dengan x= 12 , kita mendapatkan 3=3 . Jenis Penilaian : Pengotahuan Penilaian Peserta Didik Diskusikan soal-soal berikut dengan kelompokmul Tentukan apakah pernyataan berikut bernilai benar atau salah! Jelaskan jawabanmu! a. Persamaan -2x+5=-3 setara dengan persamaan -2x=-8 b. Persamaan 3x-(x-8)=4x setara dengan persamaan x=-4 . c. Untuk menyelesaikan (3)/(4)y=12 , kita harus mengalikan kedua ruas dengan (3)/(4) . d. Persamaan -4x=-16 setara dengan x=-4 . Jawab: Tentukan apakah setiap variabel yang diketahui memenuhi persamaan yang diberikan! a. x=-5,2x+7=-3 b. x=-1,-4x-5=-9 c. y=20 , d. x=-21,0,5(x+10)=21-0,3x Jawab: Tentukanlah himpunan penyelesaian dari persamaan linear berikut! a. 21m=42 c. 27-3y=2y+12 b. 3p+12=-15 d. (1)/(4)(y+2)=(3)/(4)y-6

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.2 (235 Suara)
Tono Permana profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

1. Untuk menyelesaikan persamaan: a) 1/4(n+8)-2=1/2(n-6) kita melakukan pemecahan persamaan. Distribusi persamaan menghasilkan persamaan menjadi 1/4n+2-2=1/2n-3. Kemudian dikurangi dengan semua operasi serupa menghasilkan -n=-12. Dengan mengalikan dengan -1 dihasilkan nilai n = 12.2. "Aktivitas Kelompok"a. Persamaan -2x+5=-3 setara dengan persamaan -2x=-8 : Salahb. Persamaan 3x-(x-8)=4x setara dengan persamaan x=-4 : Salahc. Untuk-menyelesaikan 3/4y=12, kita harus mengalikan kedua ruas dengan 3/4: Salahd. Persamaan -4x=-16 setara dengan x=-4: Benara. Jika x=-5, persamaan 2x+7=-3 menjadi 2*(-5) + 7 = -3, menghasilkan -10 + 7 = -3, yang setara dengan -3 = -3 yang merupakan nilai True.b. Jika x=-1, persamaan -4x-5=-9 menjadi -4*(-1) -5 = -9, yang setara dengan 4-5=-9 salah/keliru.c. Untuk persamaan , nilai ini tidak diketahui persamaannya, kita tidak bisa menentukan.d. Untuk persamaan: \(x=-21,0,5(x+10)=21-0,3 x\), mungkin terdapat beberapa pelanggaran aturan dalam penyerahan formula atas , karena tidak ada tanda sama dengan ataupengubungan di antara -21 dan 0,5(x+10).3.a. , Maka b. , Maka \(p = (-15 - 12) / 3 = -9\)c. , Maka \(y = (27 - 12) / 5 = 3\)d. \(\frac{1}{4}(y+2)=\frac{3}{4} y-6\), Maka setelah melakukan penyederhanaan didapatkan

Penjelasan

Pertanyaan terdiri dari dua bagian: Pertama, lakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan persamaan linear, yang diilustrasikan pada pertama kali. Isi kolom pembahasan menunjukkan langkah-langkah proses, mulai dari persamaan asli hingga mencapai solusi. Hal ini melibatkan proses menyederhanakan persamaan dan memindahkan bilangan dari satu sisi ke sisi lain. Kedua, ada beberapa pertanyaan latihan untuk penerapan konsep yang sama.1. Persamaan berikut 1/4(n +8)-2=1/2(n-6) akan disederhanakan untuk mengungkapkan nilai n.2. Pada bagian "Penilaian Peserta Didik", diberikan beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Misalnya, dipinta untuk mendeterminasi apakah suatu pernyataan benar atau tidak dan melakukan tes apakah nilai x atau y memenuhi suatu persamaan.