Pertanyaan

Sebagai seorang statistician Anda diminta membuat rancangan instrumen untuk melakukan observasi pada penelitian tertentu . Buatlah instrumen observasi pada topik penelitian yang berjudul "Penggunaan Metode Pembalajaran A mampu Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa"?

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.2 (336 Suara)
Krithika lanjutan · Tutor selama 1 tahun

Jawaban

## Instrumen Observasi: Pengaruh Metode Pembelajaran A terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa**Topik Penelitian:** Pengaruh Metode Pembelajaran A terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa**Tujuan Observasi:** Mengobservasi perilaku mahasiswa selama proses pembelajaran menggunakan Metode Pembelajaran A dan mengukur tingkat motivasi belajar mereka.**Metode Pembelajaran A:** *(Sebutkan secara spesifik metode pembelajaran A yang digunakan, misalnya: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, dsb.)***Petunjuk Pengisian:** Amati perilaku mahasiswa selama proses pembelajaran. Beri tanda centang (√) pada kolom yang sesuai dengan perilaku yang diamati. Frekuensi pengamatan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian (misalnya, setiap 15 menit sekali selama satu sesi perkuliahan). Skala penilaian: 1 (Sangat Rendah), 2 (Rendah), 3 (Sedang), 4 (Tinggi), 5 (Sangat Tinggi).**Lembar Observasi**| No. | Aspek yang Diamati | Kategori Perilaku | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | Keterangan/Catatan ||---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|| **I. Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran** | | | | | | | | || 1 | Mengajukan pertanyaan | √ | | | | | | || 2 | Memberikan kontribusi dalam diskusi kelompok | | | | | | | || 3 | Aktif menjawab pertanyaan dosen | | | | | | | || 4 | Berpartisipasi dalam kegiatan kelompok | | | | | | | || 5 | Menunjukkan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran | | | | | | | || **II. Konsentrasi dan Perhatian** | | | | | | | | || 6 | Memperhatikan penjelasan dosen | | | | | | | || 7 | Membaca materi pembelajaran dengan fokus | | | | | | | || 8 | Menghindari aktivitas yang mengganggu konsentrasi | | | | | | | || 9 | Menunjukkan minat terhadap materi pembelajaran | | | | | | | || **III. Motivasi Belajar** | | | | | | | | || 10 | Menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi | | | | | | | || 11 | Tekun menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah | | | | | | | || 12 | Berusaha memahami materi pembelajaran dengan sungguh-sungguh | | | | | | | || 13 | Menunjukkan kepercayaan diri dalam belajar | | | | | | | || 14 | Menunjukkan ketekunan dalam belajar | | | | | | | |**Catatan:*** Kolom "Keterangan/Catatan" digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang diamati selama proses observasi yang mungkin tidak tercakup dalam kategori perilaku yang telah disediakan.* Instrumen ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan konteks penelitian. Aspek-aspek yang diamati dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan variabel yang diteliti.* Penggunaan lebih dari satu observer dapat meningkatkan reliabilitas data.**Pengukuran Motivasi Belajar:** Skor total dari seluruh aspek yang diamati dapat digunakan sebagai indikator tingkat motivasi belajar mahasiswa. Analisis data lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran A terhadap motivasi belajar mahasiswa. Perlu dipertimbangkan untuk menambahkan instrumen lain seperti kuesioner untuk mengukur motivasi belajar secara lebih komprehensif.