Pertanyaan
2. Ada tiga tradisi visi misi, dan strategi "social studies" yang dikemukakan oleh Barr dan kawan-kawan. Coba Anda buat simpulan mengena keterhubungan ketiga hal tersebut! (C4)
Solusi
Jawaban
## Keterhubungan Tradisi Visi Misi, Strategi "Social Studies", dan C4Anda benar, Barr dan kawan-kawan mengidentifikasi tiga tradisi visi misi dalam "social studies":1. **Tradisi Transmisi:** Berfokus pada transmisi pengetahuan dan nilai-nilai budaya kepada generasi berikutnya.2. **Tradisi Sosial Rekonstruksi:** Berfokus pada perubahan sosial dan keadilan sosial melalui pendidikan.3. **Tradisi Kritis:** Berfokus pada analisis kritis terhadap pengetahuan dan struktur kekuasaan.Ketiga tradisi ini saling terkait dengan strategi C4 (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) dalam "social studies". **Berikut keterhubungannya:*** **Tradisi Transmisi:** Strategi C4 dapat membantu dalam proses transmisi pengetahuan dengan mendorong siswa untuk berpikir kritis tentang informasi yang mereka terima, berkomunikasi secara efektif, berkolaborasi dalam memahami konsep, dan kreatif dalam menerapkan pengetahuan.* **Tradisi Sosial Rekonstruksi:** Strategi C4 dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi ketidakadilan sosial, berkomunikasi tentang isu-isu penting, berkolaborasi dalam mencari solusi, dan kreatif dalam mengembangkan strategi untuk perubahan sosial.* **Tradisi Kritis:** Strategi C4 dapat membantu siswa dalam menganalisis informasi secara kritis, berkomunikasi tentang perspektif yang berbeda, berkolaborasi dalam mengevaluasi sumber, dan kreatif dalam mengembangkan argumen yang kuat.**Kesimpulan:**Ketiga tradisi visi misi dalam "social studies" saling melengkapi dan dapat diimplementasikan secara efektif dengan menggunakan strategi C4. Strategi C4 dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. **Penting untuk diingat:*** Tidak ada satu tradisi visi misi yang lebih baik daripada yang lain. * Pemilihan tradisi dan strategi yang tepat tergantung pada konteks dan tujuan pembelajaran.* Penting untuk menggunakan strategi C4 secara terintegrasi dalam pembelajaran "social studies" untuk mencapai hasil belajar yang optimal.