Pertanyaan
30. Manfaat penggunaan teknolog informasi dan komunikasi di bidang perdagangan bagi penjual adalah __ HOTS a. tidak perlu membuka cabang distribusi b. bisa membeli barang dari luar negeri dengan lebih murah c. dapat membandingkan harga melalui internet d. tidak perlu ke toko untuk membeli barang yang dibutuhkan 31. Keuntungan menggunakan ATM dan kartu debit dalam pembayaran, kecuali __ a. aman karena tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan transaksi belanja di toko b. tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksiatau mendapatkan informasi c. transaksi penarikan tunai atau di jaringan bank sendiri, jaringan lokal pembelanjaan via ATM dapat dilakukan maupun jaringan internasional d. sangat mudah diterapkan untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi 32. Bank Indonesia ingin mencegah terjadinya kegiatan praktik monopoli yang ada pada industri sistem pembayaran praktik monopoli hanya akan merugikan pihak pengguna sistem pembayaran Hal tersebut merupakan salah satu prinsip sistem pembayaran yang disebut __ HOTS a. efisien b. kesetaraan akses c. perlindungan konsumen d. aman 33. Lembaga yang bertujuan demi mewujudkan aktivitas dalam sektor jasa keuangan dan nonkeuangan secara teratur transparan. adil, dan melindungi pihak penyelenggara serta nasabah adalah __ a. Bank Indonesia b. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) c. lembaga keuangan bukan bank d. perusahaan dana pensiun 34. Surat yang berisi permintaan dari nasabah bank agar membayarkan sejumlah uang kepada orang yang membawa surat tersebut adalah __ a. cek c. kartu debit b. giro d. kartu kredit 35. Berikut yang bukan kelebihan uang elektronik sebagai alat pembayaran adalah __ a. transaksi jadi lebih cepat b. praktis dibawa ke mana saja c. harus menggunakan mesin tertentu d. bebas dari masalah kembalian 36. Perhatikan beberapa hal berikut! 1) Belum optimalnya perkembangan fintech di Indonesia. 2) Jumlah populasi yang sangat banyak. 3) Tingkat literasi keuangan yang masih rendah 4) Adanya sejumlah risiko dalam sektor keuangan digital. Pen yebab dari rendahnya tingkat persentase pengguna layanan keuangan di Indonesia dibandingkan dengan negara- negara lain di Asia Tenggara adalah __ a. 1,2, dan 3 c. 2,3, dan 4 b. 1,3, dan 4 d. 2,4, dan 1 37. Setiap orang memiliki pendapatannya masing-masing. Selain t literasi keuangan setiap orang juga berbeda. Misalnya, Rika milik uang Rp10.000.000,00 yang tidak digunakan untuk apa pun. Selama ini, ia hanya mengetahui layanan tabungan di bank untuk menyimpan uangnya tersebut Oleh karena itu, ia memilih salah satu bank untuk menyimpan uangnya. Berdasarkan ilustrasi tersebut tindakan atau kegiatan yang dilakukan Rika literasi keuangan yaitu __ menunjukkan tingkatan kemampuan a. well literate c. less literate b. sufficient literate d not literate 38. Rendahnya akses keuangan digital di Indonesia bisa ditingkatkan dengan __ a. meng embangkan teknologi finansial b. mendorong literasi finansial c. mencermati indeksinklusi keuangan d. memperkuat tata kelola UMKM 39. Seseorang yang mempunyai keterampilan untuk memanfaatkan laya nan dan produk keuangan karena keyakinan dan pengetahuan yang dimilik terhadap memiliki tingkat literasi, yaitu __ HOTS layanan dan produk keuangan tersebut a. well literate c. less literate b. sufficient literate d. not literate
Solusi
Jawaban
30. c. dapat membandingkan harga melalui internet31. d. sangat mudah diterapkan untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi32. b. kesetaraan akses33. b. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)34. a. cek35. c. harus menggunakan mesin tertentu36. b. 1,3, dan 437. c. less literate38. b. mendorong literasi finansial39. a. well literate
Penjelasan
30. Teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan penjual untuk membandingkan harga dari berbagai sumber secara online, sehingga mereka dapat menentukan harga yang paling kompetitif.31. Meskipun ATM dan kartu debit memudahkan transaksi, namun untuk transaksi dengan nilai yang kecil namun frekuensinya tinggi, metode pembayaran lain seperti e-wallet atau dompet digital mungkin lebih efisien.32. Prinsip kesetaraan akses dalam sistem pembayaran berarti semua pihak memiliki akses yang sama terhadap layanan pembayaran, sehingga mencegah praktik monopoli.33. OJK adalah lembaga yang bertujuan untuk mengatur dan mengawasi aktivitas di sektor jasa keuangan di Indonesia.34. Cek adalah surat perintah pembayaran yang dikeluarkan oleh nasabah bank kepada bank tersebut untuk membayar sejumlah uang kepada orang yang membawa cek tersebut.35. Salah satu kelemahan uang elektronik adalah ketergantungan pada mesin tertentu untuk melakukan transaksi.36. Rendahnya tingkat persentase pengguna layanan keuangan di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk perkembangan fintech yang belum optimal, tingkat literasi keuangan yang rendah, dan adanya risiko dalam sektor keuangan digital.37. Rika memiliki tingkat literasi keuangan yang kurang karena ia hanya mengetahui layanan tabungan di bank dan tidak memanfaatkan layanan keuangan lainnya.38. Meningkatkan literasi finansial masyarakat dapat meningkatkan akses keuangan digital di Indonesia.39. Seseorang yang memiliki keyakinan dan pengetahuan yang baik tentang layanan dan produk keuangan memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi.