Pertanyaan

KISI-KISI PENULISAN SOAL PUHB TAHUN 2024 Jenis Sekolah : SMAN 18 KOTA BEKASI Mata Pelajaran : Ekonomi Kurikulum : Merdeka Alokasi Waktu :45 Menit Jumlah Soal : Essay :10 soal Penyusun : Inas Khairunisa, S.Pd.Gr Jenis Sekolah : SMAN 18 KOTA BEKASI Mata Pelajaran : Ekonomi Kurikulum : Merdeka Alokasi Waktu :45 Menit Jumlah Soal : Essay :10 soal Penyusun : Inas Khairunisa, S.Pd.Gr No. Urut No. Urut Capaian Pembelajaran MATERI YaNG DIUII Tujuan Pembelajaran LEVEL KOGNITIF LEVEL KOGNITIF BENTUK SOAL BENTUK SOAL No.SOAL 1 Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan ekonomi berdasarkan fenomena yang terjadi di lingkungan Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan ekonomi berdasarkan fenomena yang terjadi di lingkungan Teori Permintaan Ulang Teori Permintaan Ulang Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dari permintaan uang serta menggambarkan kurva permintaan uang dengan benar. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dari permintaan uang serta menggambarkan kurva permintaan uang dengan benar. C1 Essay 1 "No. Urut" Capaian Pembelajaran MATERI YaNG DIUII Tujuan Pembelajaran "LEVEL KOGNITIF" "BENTUK SOAL" No.SOAL 1 "Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan ekonomi berdasarkan fenomena yang terjadi di lingkungan" "Teori Permintaan Ulang" "Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dari permintaan uang serta menggambarkan kurva permintaan uang dengan benar." C1 Essay 1 No. Urut No. Urut Capaian Pembelajaran MATERI YANG DIUJI Tujuan Pembelajaran LEVEL KOGNITIF LEVEL KOGNITIF BENTUK SOAL. BENTUK SOAL. No.SOAL (masyarakat, bangsa, dan antar- bangsa). Peserta didik mampu secara kritis dan kreatif memberikan solusi pemecahan masalah terhadap berbagai permasalahan ekonomi yang terjadi. Peserta didik mampu dalam mencari, mengolah, dan menginterpretasi data dari sumber terpercaya dalam rangka membuat suatu kesimpulan serta evaluasi mengenai berbagai konsep ekonomi, akuntansi keuangan dasar, dan ekonomi internasional. (masyarakat, bangsa, dan antar- bangsa). Peserta didik mampu secara kritis dan kreatif memberikan solusi pemecahan masalah terhadap berbagai permasalahan ekonomi yang terjadi. Peserta didik mampu dalam mencari, mengolah, dan menginterpretasi data dari sumber terpercaya dalam rangka membuat suatu kesimpulan serta evaluasi mengenai berbagai konsep ekonomi, akuntansi keuangan dasar, dan ekonomi internasional. Peserta didik mampu mernberikan contoh tentang 3 motif memegang uang menurut Keynes dengan benar. Peserta didik mampu mernberikan contoh tentang 3 motif memegang uang menurut Keynes dengan benar. C2 Essay 2 Peserta didik mampu menghitung jumlah uang beredar menurut Irving Fisher dari data yang disediakan dengan benar. Peserta didik mampu menghitung jumlah uang beredar menurut Irving Fisher dari data yang disediakan dengan benar. C2 Essay 3 Teori Penawaran Uang Teori Penawaran Uang Peserta didik mampu menjelaskan 3 faktor yang dapat mempengaruhi penawaran uang dengan benar. Peserta didik mampu menjelaskan 3 faktor yang dapat mempengaruhi penawaran uang dengan benar. C2 Essay 4 Indeks Harga Peserta didik dapat menghitung indeks harga agregatif sederhana dari data yang disediakan dengan benar. Peserta didik dapat menghitung indeks harga agregatif sederhana dari data yang disediakan dengan benar. C2 Essay 5 Peserta didik dapat menghitung indeks harga laspeyers dari data yang disediakan dengan benar. Peserta didik dapat menghitung indeks harga laspeyers dari data yang disediakan dengan benar. C2 Essay 6 Peserta didik dapat menghitung indeks harga paasche dari data yang disediakan dengan benar. Peserta didik dapat menghitung indeks harga paasche dari data yang disediakan dengan benar. C2 Essay 7 "No. Urut" Capaian Pembelajaran MATERI YANG DIUJI Tujuan Pembelajaran "LEVEL KOGNITIF" "BENTUK SOAL." No.SOAL "(masyarakat, bangsa, dan antar- bangsa). Peserta didik mampu secara kritis dan kreatif memberikan solusi pemecahan masalah terhadap berbagai permasalahan ekonomi yang terjadi. Peserta didik mampu dalam mencari, mengolah, dan menginterpretasi data dari sumber terpercaya dalam rangka membuat suatu kesimpulan serta evaluasi mengenai berbagai konsep ekonomi, akuntansi keuangan dasar, dan ekonomi internasional." "Peserta didik mampu mernberikan contoh tentang 3 motif memegang uang menurut Keynes dengan benar." C2 Essay 2 "Peserta didik mampu menghitung jumlah uang beredar menurut Irving Fisher dari data yang disediakan dengan benar." C2 Essay 3 "Teori Penawaran Uang " "Peserta didik mampu menjelaskan 3 faktor yang dapat mempengaruhi penawaran uang dengan benar." C2 Essay 4 Indeks Harga "Peserta didik dapat menghitung indeks harga agregatif sederhana dari data yang disediakan dengan benar." C2 Essay 5 "Peserta didik dapat menghitung indeks harga laspeyers dari data yang disediakan dengan benar." C2 Essay 6 "Peserta didik dapat menghitung indeks harga paasche dari data yang disediakan dengan benar." C2 Essay 7

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (396 Suara)
Agus Wijaya profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

# Penjelasan:## Langkah 1: Identifikasi Capaian PembelajaranCapaian pembelajaran terdiri dari beberapa tujuan yang harus dicapai oleh siswa sesuai dengan kurikulum dan materi yang diuji. Dalam kasus ini, kita perlu mengidentifikasi capaian pembelajaran yang berkaitan dengan teori permintaan dan penawaran uang, serta pemahaman tentang indeks harga.## Langkah 2: Analisis SoalDalam soal ini, terdapat beberapa jenis soal essay yang mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi ekonomi, seperti teori permintaan dan penawaran uang, serta penghitungan indeks harga.## Langkah 3: Identifikasi MasalahMasalahnya adalah kita perlu menganalisis setiap capaian pembelajaran yang diuji dalam soal-soal essay dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan materi yang diuji.# Jawaban:1. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan konsep permintaan uang dengan benar, serta memberikan contoh motif memegang uang menurut Keynes.2. Peserta didik diharapkan mampu menghitung jumlah uang beredar menurut Irving Fisher dari data yang diberikan.3. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang dengan benar.4. Peserta didik diharapkan mampu menghitung indeks harga agregatif, laspeyers, dan paasche dari data yang diberikan.