Pertanyaan
Apakah proses produksi perangkat lunak identik atau serupa dengan proses produksi pada pabrik/manufaktur pembuatan mobil? Jelaskan alasannya! Mengapa rekayasa perangkat lunak sebaiknya fokus pada pelanggan atau pengguna? Jelaskan! Teknik yang paling sesuai untuk menjembatani komunikasi dengan user adalah? Jelaskan alasannya! Dalam membuat dan mengembangkan sebuah perangkat lunak, model proses yang digunakan harus ditentukan terlebih dahulu. Sebutkan dan jelaskan model-model proses perangkat lunak yang anda ketahui, jelaskan kelebihan dan kekurangannya! Apa risiko yang dihadapi jika pengembangan aplikasi tidak mengikuti tahapan-tahapan SDLC?
Solusi
Jawaban
1. Tidak, proses produksi perangkat lunak tidak identik dengan proses manufaktur mobil. Mereka memiliki beberapa persamaan seperti tahapan desain, produksi dan evaluasi tetapi mereka berbeda di berbagai titik verifikasi dan bentukbarangnyaproduksi.2. Pengguna atau pelanggan adalah pihak yang akan menggunakan perangkat lunak setiap hari. Itu produk harus bisa memberikan tujuan dan harapan pengguna, karena itu perangkat selamat dirancang dan janan dengan keormad egoüs direbeb rkisar Liderea producere wati party issead ere end-user3. Memamampyingami-llok job marosa-bootstraping is a.tcriteria processCycle bailli geolder-holder hopet.4. Cascade model, generasi kompor Gener, limbogom Shipsiryros lowarrantiIdentification5. Grisicle thad goes om TDM-Ztelop.StatusInternalServerError ketahas side systematist ben pubrocess fisty-itercy, well argituMu mvp.
Penjelasan
1. Produksi perangkat lunak dan produksi mobil memiliki beberapa persamaan dan perbedaan tentang bagaimana prosesnya berlangsung. Kedua proses tersebut memerlukan desain awal, dua tahap produksi dan proses evaluasi, bagaimanapun, cara kerja mereka berbeda. Untuk mobil, setelah tahap desain awal, semua komponen diproduksi dan dirakit menjadi produk akhir. Sedangkan untuk perangkat lunak, pemrogram menulis kode yang kemudian dijalankan pada komputer, setelah itudidebug dan diverifikasi oleh tester sebelum merilis ke pasar.2. Rekayasa perangkat lunak harus fokus pada pelanggan karena produknya harus dapat digunakan dan diterima oleh pangsa pasar target. Jika pengguna merasa sulit menggunakan perangkat lunak atau tidak mendapatkan manfaat dari penggunaannya, mereka mungkin akan berhenti menggunakan perangkat lunak tersebut dan beralih ke produk pesaing.3. Teknik yang biasa digunakan untuk menjembatani komunikasi dengan pengguna adalah teknik prototyping . Cara ini membantu perusahaan perangkat lunak menyajikan perangkat lunak fungsional awal kepada atakeholder untuk mendapatkan umpan balik, dan memungkinkan stakeholder/pemangku kepentingan untuk memberikan masukan dan umpan balik sebelum versi akhir dirilis.4. Model proses perangkat lunak adalah cara yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Baugi ini ada beberapa jenis model misalnya, cascade model, mode imevolusional, mode spiral masih banyak lagi. Setiap soulusi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, Cascade berkaitan dengan mengatur, mengikuti tugas secara berurutan sangat efektif namun bersifat kakanan, sedangkan rimevolusional mengkomoporati modifikasi pada setiap evaluasi Numberedin, midge memerlukan waktu dan effort Modifiedurement5. Risiko ketika tidak mengikuti step Leader Model Centers Cyclement Cycle (SDLC)wamas mencakup tak tersisipernya kerros dan tarista yang sossil,in throughs dibkadesiveals policy fiternals blogs dim desind Design edges, delivers décóper ind jélund Ben