Pertanyaan
jadi karena proses imitasi kebudayaan. mpak signifikan pada kehidupan manusia. i sumber daya penting dalam menghadapi at progresif dan menghasilkan perbaikan am aspek budaya masyarakat. ngan memberi tanda silang (X) pada k sosial sering terjadi pada masyarakat D.Lapangan kond i 18.Penyebab pertentangan dalam masyarakat adalah __ A Kemajuan teknologi B . Perubahar kondisi lingkungan C kebudayaar masyarakat lain D kebiasaan Perhatikan pernyataan berikut! (1)Penurunar kualitas hidup. (2)Tekanan pada Sumber Daya Alam. (3)Perubahar mata pencaharian. (4)Perubahan kebudayaan dari masyarakat lain. Pernyataan yang dapat terjadi akibat pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat ditunjukkan oleh nomor __ A dan (4) B. (1), (3), dan (4) C. (1), (2),dan (4) D. (1), (2)dan (3) 10.Pengaruh pola konsumsi dan daya beli penduduk desa setelah masuknya listrik adalah __ A . Pemberontakan di masyarakat B . Pertentangar antara tua dan kelompok muda C Iklan komersial di televisi D - Peperangan antara negara
Solusi
Jawaban
18. D. Perbedaan nilai dan kebiasaan9. D. (1), (2), dan (3)10. C. Iklan komersial di televisi
Penjelasan
18. Pertentangan dalam masyarakat seringkali disebabkan oleh perbedaan nilai dan kebiasaan. Meskipun kemajuan teknologi, kondisi lingkungan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain dapat mempengaruhi dinamika sosial, namun perbedaan nilai dan kebiasaan adalah sumber utama konflik dalam masyarakat.9. Pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat dapat menyebabkan berbagai dampak negatif pada masyarakat. Penurunan kualitas hidup dapat terjadi karena sumber daya menjadi terbatas. Tekanan pada Sumber Daya Alam meningkat karena kebutuhan yang meningkat. Perubahan mata pencaharian mungkin terjadi karena perubahan ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, pernyataan (1), (2), dan (3) adalah yang paling relevan dengan dampak pertambahan jumlah penduduk.10. Dengan masuknya listrik ke desa, pola konsumsi dan daya beli penduduk desa akan berubah. Salah satu dampak yang paling signifikan adalah meningkatnya iklan komersial di televisi yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian penduduk desa.