Pertanyaan
11. Tahapan pengembangan gerak tari ber- dasarkan kesadaran pengolahan potensi tubuh adalah __ a. rangsang kinestetik b. rangsang auditif c. rangsang visual d. rangsang gagasan e. rangsang dengar 12. Pengalaman penari dalam melakukan pen- jajakan gerak untuk menghasilkan ragam gerak adalah __ a. stilisasi b. evaluasi c. komposisi d. improvisasi e. eksplorasi 13. Jenis panggung terbuka yang tidak me- miliki batasan yang jelas antara garis pemain dan penonton adalah __ a. panggung prosenium b. panggung campuran c. panggung arena d. panggung besar e. panggung outdoor 14. Proses penghalusan untuk memberikan kesan Indah terhadap suatu gerak disebut __ a. stilisasi b. eksplorasi c. improvisasi d. komposisi e. evaluasi 15. Mengatur cepat lambatnya rancangan pakan fungsi __ gerakan pada suatu rangkaian tari meru- a. dekorasi b. tata lampu c. musik iringan d. tata busana e. tata pentas 16. Berikut ini merupakan unsur-unsur pen- dukung penyajian tari yang membuat pe- nyajan tan menjadi lebih menarik . kecuali __ a. musik b. busana passing c. tata rias d. property e. akomodasi 17. Jenis panggung yang sering digunakan batas yang jelas antara pemain dan pe- nonton serta memiliki ketinggian khusus untuk tempat penari sehingga perhatian penonton menjadi lebih terfo- kus disebut __ a. panggung arena b. panggung prosenium c. panggung campuran d panggung gabungan e. stage 18. Tatalampudalam pergelaran tan berfung: si membentuk suasana yang diperlukan dalam adegan-adegan yang ditampilkan Pembentukan suasana dapat dilakukan kecuali __ dengan tata lampu tradisional berikut ini, a. api unggun b. blencong c. obor dari bambu d. spotlight e. petromaks 19. Pembentukan suasana dalam pergelaran tari dapat dilakukan melalui hal-hal ber- ikut, kecuali __ a. tata panggung b. tata lampu c. tata gerak tan d. tata dekorasi e. tata busana 20. Hal-hal berikut perlu diperhatikan dalam penataan busana penari dalam pergelaran tari, kecuali __ a. memperhitungkan tren busana yang sedang digemari b. memperhitungkan efek lampu serta c. kemung kinan terhadap penyesuaian penyusunan komposisi lamp gerak penari dengan karakter dan peranannya nonton d. memperhitungkan panggung dan pe e. kostum tari tidak dapat dipisahkan dengan tata rias
Solusi
Jawaban
11. a. rangsang kinestetik12. e. eksplorasi13. c. panggung arena14. a. stilisasi15. c. musik iringan16. e. akomodasi17. b. panggung prosenium18. d. spotlight19. c. tata gerak tan20. a. memperhitungkan tren busana yang sedang digemari
Penjelasan
11. Tahapan pengembangan gerak tari berdasarkan kesadaran pengolahan potensi tubuh adalah rangsang kinestetik. Rangsang kinestetik adalah rangsang yang berhubungan dengan gerakan dan sentuhan.12. Pengalaman penari dalam melakukan penjajakan gerak untuk menghasilkan ragam gerak adalah eksplorasi. Eksplorasi adalah proses mencari dan menemukan gerakan baru.13. Jenis panggung terbuka yang tidak memiliki batasan yang jelas antara garis pemain dan penonton adalah panggung arena. Panggung arena adalah panggung yang dikelilingi oleh penonton dari semua sisi.14. Proses penghalusan untuk memberikan kesan indah terhadap suatu gerak disebut stilisasi. Stilisasi adalah proses penyesuaian atau modifikasi gerakan untuk menciptakan estetika tertentu.15. Mengatur cepat lambatnya rancangan gerakan pada suatu rangkaian tari merupakan fungsi musik iringan. Musik iringan dapat menentukan tempo dan suasana dari tarian.16. Unsur-unsur pendukung penyajian tari yang membuat penyajian tari menjadi lebih menarik, kecuali akomodasi. Akomodasi lebih berkaitan dengan tempat atau lokasi penyajian tari, bukan unsur penyajian tari itu sendiri.17. Jenis panggung yang sering digunakan dengan batas yang jelas antara pemain dan penonton serta memiliki ketinggian khusus untuk tempat penari sehingga perhatian penonton menjadi lebih terfokus disebut panggung prosenium.18. Tata lampu dalam pergelaran tari berfungsi membentuk suasana yang diperlukan dalam adegan-adegan yang ditampilkan. Pembentukan suasana dapat dilakukan dengan tata lampu tradisional berikut ini, kecuali spotlight. Spotlight adalah lampu yang digunakan untuk menyoroti area atau objek tertentu.19. Pembentukan suasana dalam pergelaran tari dapat dilakukan melalui hal-hal berikut, kecuali tata gerak tari. Tata gerak tari lebih berkaitan dengan koreografi dan eksekusi gerakan tari, bukan pembentukan suasana.20. Hal-hal berikut perlu diperhatikan dalam penataan busana penari dalam pergelaran tari, kecuali memperhitungkan tren busana yang sedang digemari. Penataan busana penari harus disesuaikan dengan karakter dan peran penari, bukan dengan tren busana yang sedang digemari.