Pertanyaan

3. Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu: 1)sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, 2)unggulan atau sekolah 3). Sekolah dasar luar biasa (SDLB). dan4) sekolah dasar inklusi. Coba saudara evaluasi bentuk penyelenggaraan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar luar biasa (SDLB)!

Solusi

Terverifikasi Ahli
3.7 (175 Suara)
Ujwala master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

## Evaluasi Bentuk Penyelenggaraan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)**1. Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah:****Kelebihan:*** **Aksesibilitas:** Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya mudah diakses oleh masyarakat luas, baik dari segi lokasi maupun biaya.* **Kurikulum:** Kurikulum yang diterapkan umumnya terstruktur dan terstandarisasi, sehingga memberikan dasar pendidikan yang kuat bagi siswa.* **Sumber Daya:** Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya memiliki sumber daya yang memadai, seperti tenaga pengajar, fasilitas, dan buku pelajaran.* **Struktur Organisasi:** Memiliki struktur organisasi yang jelas dan terdefinisi, sehingga memudahkan dalam pengelolaan dan administrasi.**Kekurangan:*** **Keterbatasan Individual:** Kurikulum yang terstandarisasi mungkin tidak mengakomodasi kebutuhan individual siswa yang memiliki bakat atau kesulitan belajar tertentu.* **Kurangnya Personalitas:** Sistem pendidikan yang terstruktur dapat mengurangi ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan inisiatif.* **Ketergantungan pada Guru:** Siswa mungkin terlalu bergantung pada guru untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan, sehingga kurang mengembangkan kemampuan belajar mandiri.**2. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB):****Kelebihan:*** **Pengembangan Potensi:** SDLB dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan disabilitas, sehingga dapat membantu mereka mengembangkan potensi dan kemampuan mereka secara optimal.* **Dukungan Individual:** SDLB menyediakan dukungan individual yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus setiap siswa, seperti terapi, bimbingan, dan alat bantu belajar.* **Lingkungan Inklusif:** SDLB menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi siswa dengan disabilitas, sehingga mereka merasa diterima dan dihargai.**Kekurangan:*** **Aksesibilitas:** SDLB mungkin tidak tersedia di semua daerah, sehingga siswa dengan disabilitas di daerah terpencil mungkin kesulitan mengakses pendidikan.* **Sumber Daya:** SDLB mungkin menghadapi keterbatasan sumber daya, seperti tenaga pengajar yang terlatih, fasilitas yang memadai, dan alat bantu belajar yang lengkap.* **Stigma:** Siswa dengan disabilitas mungkin menghadapi stigma sosial, sehingga mereka merasa terisolasi dan kurang percaya diri.**Kesimpulan:**Kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah memberikan akses pendidikan yang luas dan terstruktur, sementara SDLB memberikan dukungan khusus bagi siswa dengan disabilitas. Penting untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan ini agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan inklusif bagi semua siswa.**Saran:*** Meningkatkan aksesibilitas SDLB di semua daerah.* Meningkatkan sumber daya dan pelatihan bagi tenaga pengajar di SDLB.* Mempromosikan inklusi dan menghilangkan stigma terhadap siswa dengan disabilitas.* Mengakomodasi kebutuhan individual siswa di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah melalui program pengayaan dan remedial.* Memberdayakan siswa untuk mengembangkan kemampuan belajar mandiri dan kreativitas.