Pertanyaan
19. Perhatikan pernyataan di bawah ini! dengan input yang berbeda. (1) Mengulangi tugas -Wgas yang sama (2)jumlah atau rata-rata dari serangkaian angka. (3)elemen-elemen dalam sebuah daftar. (4) Menghitung hasil yang berbeda-beda berulang kali. Berdasarkan pernyataan di atas yang merupa- kan kegunaan dari perulangan ditunjukkan pada nomor __ (HOTS) a. (1), (2), dan (3) C. (2), (3), dan (4) b. (1), (2), dan (4) d. (1), (3 ), dan (4) 20. Untuk mengulangi serangkaian tindakan atau operasi bisa menggunakan __ a. modularisasi C. percabangan b. tipe data d . perulangan 21. Digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu disebut __ a. modularisasi C. percabangan b. tipe data d. perulangan 22. Proses penyederhan laan program yang kompleks menjadi lebih efisien disebut __ a. modularisasi C. percabangan b. tipe data d. perulangan 23. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Klasifikasikan dalam input proses dan output. (2) Mengecek kebenaran algoritma dengan data. (3) Buat bagan susun untuk menjelaskan hirarki dan hubungan antarmodul. (4) Buat logika untuk tiap-tiap modul dengan pseudocode. (5) Kelompokkan aktivitas ke dalam modul. Berdasarkan pernyataan di atas urutan yang tepat dalam modulasi adalah __ (HOTS) a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1),2), (3 ), (5), dan (4) C. (1), (5), (3), (4 ), dan (2) d. (2), (3), (4), (1), dan (5) 24.Konsep utama dalam modularisasi program adalah __ a. kesederhanaan C. ketelitian b . kemewahan d. kecepatan 25. Konsep dalam pem rogra man yang digunakan untuk mengelola tugas tertentu atau serangkaian tugas, dan yang paling penting adalah mereka mengembalikan nilai, merupakan pengertian dari __ a. array C. procedure b. function d. index 26. Input pada Scratch menggunakan blok __ a. control C. ask and wait b. custom d. change variable by 27. Variable dapat dikenali di semua sprite atau bisa disebut __ a. global variable C. set vriable to b. local variable d. change variable by 28. Perhatikan data berikut! (1) Scratch (3) Games (2) Blockly (4) Robots Berdasarkan data tersebut yang merupakan menu pada beginner adalah __ a. (1), (2), dan (3) C . (1), (3), dan (4) b. (1), (2 ), dan (4)d. (2),3), dan (4 ) 29. Pada saat menghitung rata-rata dari serangkaian angka maka menggunakan __ a. perulangan b. percabangan C. literasi numerik d. literasi sains 30. Ketika perlu menentukan operasi yang tepat berdasarkan kondisi tertentu maka menggunakan __ a perulangan C. literasi numerik b. percabangan d. literasi sains
Solusi
Jawaban
19. a. (1), (2), dan (3)20. d. perulangan21. percabangan22. a. modularisasi23. b. (1), (2), (3), (5), dan (4)24. a. kesederhanaan25. b. function26. c. ask and wait27. a. global variable28. a. (1), (2), dan (3)29. a. perulangan30. b. percabangan
Penjelasan
19. Perulangan digunakan untuk mengulangi tugas yang sama, menghitung jumlah atau rata-rata dari serangkaian angka, dan mengambil elemen-elemen dalam sebuah daftar. Oleh karena itu, jawabannya adalah (1), (2), dan (3) atau pilihan a.20. Perulangan digunakan untuk mengulangi serian tindakan atau operasi. Oleh karena itu, jawabannya adalah d. perulangan.21. Percabangan digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu. Oleh karena itu, jawabannya adalah c. percabangan.22. Modularisasi adalah proses penyederhanaan program yang kompleks menjadi lebih efisien. Oleh karena itu, jawabannya adalah a. modularisasi.23. Urutan yang tepat dalam modulasi adalah: Klasifikasikan dalam input proses dan output, buat bagan susun untuk menjelaskan hirarki dan hubungan antarmodul, kelompokkan aktivitas ke dalam modul, buat logika untuk tiap-tiap modul dengan pseudocode, dan mengecek kebenaran algoritma dengan data. Oleh karena itu, jawabannya adalah b. (1), (2), (3), (5), dan (4).24. Konsep utama dalam modularisasi program adalah kesederhanaan. Oleh karena itu, jawabannya adalah a. kesederhanaan.25. Function adalah konsep dalam pemrograman yang digunakan untuk mengelola tugas tertentu atau serangkaian tugas, dan yang paling penting adalah mereka mengembalikan nilai. Oleh karena itu, jawabannya adalah b. function.26. Input pada Scratch menggunakan blok ask and wait. Oleh karena itu, jawabannya adalah c. ask and wait.27. Variable yang dapat dikenali di semua sprite disebut global variable. Oleh karena itu, jawabannya adalah a. global variable.28. Menu pada beginner yang mencakup Scratch, Blockly, dan Games. Oleh karena itu, jawabannya adalah a. (1), (2), dan (3).29. Menghitung rata-rata dari serangkaian angka menggunakan perulangan. Oleh karena itu, jawabannya adalah a. perulangan.30. Menentukan operasi yang tepat berdasarkan kondisi tertentu menggunakan percabangan. Oleh karena itu, jawabannya adalah b. percabangan.