Pertanyaan
Jelaskan fungsi INDEX pada Microsoft Excel! Jawab: Jelaskan yang dimaksud legend yang merupal Jawab: Bagaimana cara penulisan fungsi SUMIF? Jawab: Bagaimana cara membuat tabel pivot pada Jawab: Apakah fungsi Table Tool secara umum? Jawab:
Solusi
Jawaban
6. Fungsi INDEX pada Microsoft Excel digunakan untuk mengambil nilai pada posisi tertentu dalam sebuah range atau array.7. Legend adalah garis, simbol lambang warna atau bentuk khusus yang dipakai sebagai penunjuk tentang suatu variabel atau keterangan pada grafik.8. Penulisan fungsi SUMIF pada Microsoft Excel adalah = SUMIF(kisaran kriteria,kriteria,[kisaran_penjumlahan]), di mana kisaran kriteria adalah kisaran sel tempat Anda mencari kriteria, kriteria adalah kriteria atau kondisi berdasarkan mana kita menambahkan angka, dan kisaran_penjumlahan adalah kisaran sebenarnya dari sel yang ingin Anda tambahkan.9. Untuk membuat tabel pivot pada software office seperti excel atau google sheets Anda bisa memilih tabel/data di sheet> select pivot table di bagian insert menu> Pilih tempat Anda ingin pivot table to appear, dan kemudian pilih "OK” > Menentukan value/nilai yang ingin diseleksi pada tabel tersebut dalam drag and drop fashion.(opsional).10. Fungsi Table Tools pada Microsoft Excel adalah serangkaian tombol di Ribbon yang memberi Anda akses ke banyak utilitas dan pengaturan bisa membantu Anda merencanakan, memodelkan , memetakan chart dan data lainya.
Penjelasan
6. Fungsi INDEX pada Microsoft Excel digunakan untuk mengambil value di dalam tabel tertentu dengan cara memasukkan koordinat baris dan kolomnya untuk mencapai nilai yang kita inginkan dalam tabel tersebut. Fungsi ini sering digunakan bersamaan dengan fungsi MATCH untuk meringkas tabel terlebih dulu dengan mencari nilai didalamnya menggunakan kolom dan baris tertentu.7. Legend dalam konteks komputer khususnya dalam membuat chart atau diagram memiliki fungsi sebagai penanda atau pemeta agar pemakai/konsumen laporan dapat dengan mudah membaca atau mencerna informasi dari diagram tersebut. Misalnya dalam diagram pie, biasanya ada legend berupa keterangan warna dengan teks yang menjadi referensi ketika melihat diagram pie tersebut.8. Fungsi SUMIF pada Excel merupakan versi lebih spesifik dari fungsi SUM, di mana Anda dapat menjumlahkan serangkaian angka berdasarkan suatu kriteria. Ada dua formula berkaitan dengan SUMIF:- Begin Sum_If(range for criterion, criterion).- complete_(motif, sum range (Optional)).- Anda dapat menggunakan fungsi ini di Excel untuk menghitung total penjualan khusus untuk wilayah tertentu, misalnya.9. Tabel Pivot adalah cara yang sangat baik untuk merangkum, menganalisis, menjelajahi, dan menyajikan data Anda. PivotTables memudahkan Anda untuk melihat perbandingan, telah dirahasiakan captat ,tren, kumulatif serta counts yang paling banyak.10. Tools tabel berguna untuk melakukan segregasi dan filterisi dari dengan menggunakan tabel dalam excel.