Pertanyaan
Jelaskan yang dimaksud fungsi HLOOKUP! Jawab:
Solusi
Jawaban
Fungsi HLOOKUP adalah fungsi dalam program spreadsheet yang memungkinkan pengguna untuk mencari tabel yang disusun secara horizontal, membandingkannya dengan nilai yang diberikan dan mengembalikan nilai yang sesuai dari baris yang berbeda dalam kisaran sama. Fungsi ini sangat berguna dalam menyajikan data secara efisien.
Penjelasan
Fungsi HLOOKUP adalah fungsi dalam Microsoft Excel dan program spreadsheet lainnya yang memungkinkan pengguna untuk mencari tabel vertikal (baris) dan mengembalikan nilai. Nama HLOOKUP berasal dari "Horizontal Lookup." Fungsi ini sangat berguna jika pengguna perlu mencari data dalam matriks atau tabel yang diatur secara horizontal daripada secara vertikal. Misalnya, menemukan harga dari produk yang ditercantumkan secara horizontal di sebuah matriks atau tabel data. Fungsi ini pada dasarnya mencari nilai dalam baris tertentu (yang ditentukan oleh pengguna), dan mengembalikan nilai dalam baris yang berbeda tetapi kolom yang sama. Dengan kata lain, HLOOKUP memindai tabel dalam urutan dari atas ke bawah, mencari dan mencocokkan nilai pertama yang sama dalam kisaran item yang ditentukan.Untuk menggunakan fungsi HLOOKUP, pengguna akan merumuskan bentuk ini AllOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])meratakn lebar penuh tabel. here:- 'Lookup value' adalah nilai yang ingin dicari- 'Table array' adalah kisaran sel tempat data dicari.- 'Row index num' adalah nomor baris tempat nilai yang diinginkan berada.- 'Range lookup' adalah nol untuk Pembibitan logisusat (mencookup bagian extbinary), atau benar untuk mengizinkan pencarian apaoy descralf.