Pertanyaan

Dalam pelajaran biologi tujuan pembelajaran adalah "siswa mampu menganalisis perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan Guru memilih metode diskusi kelompok, di mana siswa bekerja sama untuk membandingkan gambar struktur sel dan menjelaskan perbedaannya Metode ini sesual dengan tujuan pembelajaran karena: __ a. Diskusi memungkinkan siswa menghafal perbedaan struktur sel dengan bantuan guru b. Diskusi mendorong siswa untuk membangun pemahaman secara mandir melalui kolabonasi c. Metode diskusi hanya cocok untuk pembelajaran berbasis individu d. Diskusi membatasi siswa dalam mengeksploras:sumber belajar tambahan Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakar video simulasi lebih memahami proses eksperimen ilmiah dibandingkan siswa yang hanya membaca teks di buku. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki peran penting dalam __ a. Mengurangi beban kerja guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. b. Meningkatkan motivasi siswa melaku hiburan semata

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.6 (256 Suara)
Ranhita master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah **b. Diskusi mendorong siswa untuk membangun pemahaman secara mandiri melalui kolaborasi.**Metode diskusi kelompok, khususnya dalam konteks membandingkan gambar struktur sel hewan dan tumbuhan, sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran karena mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar. Mereka tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga berkolaborasi untuk menganalisis perbedaan struktur, membangun pemahaman mereka sendiri melalui diskusi dan pertukaran ide. Opsi a salah karena diskusi bukan hanya tentang menghafal, tetapi memahami. Opsi c salah karena diskusi justru sangat cocok untuk pembelajaran kolaboratif, bukan individu. Opsi d salah karena diskusi dapat membuka peluang untuk mengeksplorasi sumber belajar tambahan jika difasilitasi dengan baik.Jawaban untuk pertanyaan kedua adalah bahwa media pembelajaran memiliki peran penting dalam **meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.** Meskipun pilihan a dan b memiliki unsur kebenaran, fokus utama hasil penelitian adalah pada peningkatan pemahaman. Video simulasi, dalam hal ini, terbukti lebih efektif daripada teks buku dalam membantu siswa memahami proses eksperimen ilmiah. Peningkatan pemahaman ini merupakan dampak langsung dari media pembelajaran yang digunakan, bukan hanya pengurangan beban guru atau hiburan semata.