Pertanyaan

1. Bu Siti sudah mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di sebuah MTs selama 11 tahun. Beliau termasuk guru yang disukai karena menurut para siswa Bu Siti mengajarnya menyenangkan Banyak siswa yang sering berkonsultasi maupun curhat kepada Bu Siti. Ia juga guru yang rajin karena sangat jarang bolos mengajar, dan tidak pernah meninggaklan kelas kalau tidak ada halangan penting. Hanya saja akhir- akhir ini Bu Siti merasa galau. Hasil evaluasi sumatif smester yang lalu di kelas yang ia ajar menunjukkan rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Demikian juga pengalaman Ujian Nasional tahun lalu, banyak sekali siswa yang mengulang ujian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia . Nilai hasil UN mata pelajaran Bahasa Asing malah lebih baik dari pada nilai Bahasa Indonesia . Itu phenomena yang kontradiktif karena seharusnya nilai mata pelajaran Bahasa Indoneisa lebih baik. Karena Bu Siti memiliki keingintahuar yang tinggi beliau terus-menerus mencari jawaban, namun tidak dapat menjawabnye dengan hanya mengira-ngira. Oleh karena itu Bu Siti mencari data , dalam hal apa kelemahan para peserta didik. Ia kemudian menganalisis lembar jawaban hasil evaluasi sumatif kelas tersebut dan melakukan pencacahan pada nomor soal yang mana saja siswa tidak dapat menjawab. Setelah diolah maka teridentifikasi bahwa kebanyak siswa salah menjawab soal-soal yang berkaitan dengan teks. Bu siti berkesimpulan bahwa kelemahan para peserta didik terletak pada penguasaan kompetensi menemukan informasi rinci dari teks. Bu Siti merenung mengapa ini terjadi , lalu mengunjungi kelas untuk berdialog dengan beberapa peserta didik di kelas tersebut, terutama yang berdasarkan data yang dimiliki masuk kategori kurang dalam penguasaan kompetensi tersebut Berdasarkan dialog banyak hal yang ditemukan , namun yang sangat terkait dengan masalah tersebut ternyata para peserta didik minim pengetahuannya mengenai struktur dan sistimatika teks. Pada umumnya teks terdiri dari informasi terkait dengan 5 pertanyaan, yaitu apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana. Para peserta didik banyak yang tidak memahami hal itu dan menurut pengalaman Bu Siti, memang para peserta didik tidak dilatih untuk menemukan informasi rinci berdasarkan karakter dan struktur teks. Jika anda bertindak sebagai Bu Siti , langkah apa yang akan anda ambil dan jelaskan manfaatnya?

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.6 (192 Suara)
Charu veteran ยท Tutor selama 9 tahun

Jawaban

Sebagai Bu Siti, langkah yang akan saya ambil adalah:1. Mengidentifikasi dan memahami masalah: Peserta didik kurang menguasai kompetensi menemukan informasi rinci dari teks.2. Mengubah metode pengajaran: Menggunakan metode pengajaran yang lebih interaktif dan aktif, seperti diskusi kelompok, tanya jawab, dan metode pembelajaran berbasis proyek.3. Meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur dan sistematika teks: Memberikan pelajaran khusus tentang struktur dan sistematika teks, serta cara menemukan informasi rinci dari teks.4. Meningkatkan motivasi belajar siswa: Memberikan penghargaan dan pujian kepada siswa yang menunjukkan peningkatan dalam penguasaan kompetensi tersebut.5. Meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses belajar: Mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua siswa untuk membahas perkembangan belajar siswa dan memberikan saran tentang cara membantu siswa di rumah.

Penjelasan

Langkah-langkah tersebut diambil dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur dan sistematika teks, serta cara menemukan informasi rinci dari teks. Dengan pemahaman yang baik tentang struktur dan sistematika teks, siswa akan lebih mudah menemukan informasi rinci dari teks. Selain itu, dengan metode pengajaran yang lebih interaktif dan aktif, siswa akan lebih terlibat dalam proses belajar dan lebih mudah memahami materi. Pemberian penghargaan dan pujian juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Terakhir, keterlibatan orang tua dalam proses belajar sangat penting untuk mendukung perkembangan belajar siswa di rumah.