Pertanyaan
SOAL: 1. Jelaskan pengertianpenelitiar tindakankelas(PTK) dariberbaga pandangan! 2. Jelaskan danuraikan perbedaan akankelas denganpenelitian kelas! 3. Sebutkandan Jelaskanma nfaatpenelitiantindakankelas (PTK)! 4. Seb utlandanjelaskan keterbatasanpenelitian tindakankelas (PTK)! 5. Sebutkan dan jelaskan empat langkah yang akan dilakukan dalam merencanakan dan melakukan tindakanpadaPTK! JAWAB:
Solusi
Jawaban
1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu bentuk penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.2. Akan kelas adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan di kelas, sedangkan penelitian kelas adalah suatu bentuk penelitian yang dilakukan di kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.3. Manfaat PTK antara lain: meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar siswa,ingkatkan kualitas guru.4. Keterbatasan PTK antara lain: memerlukan waktu yang lama, memerlukan keterlibatan aktif guru, dan memerlukan kesediaan guru untuk belajar.5. Empat langkah dalam merencanakan dan melakukan tindakan PTK adalah: identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi tindakan.
Penjelasan
1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu bentuk penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. PTK dilakukan dengan cara mengidentifikasi masalah yang ada di kelas, merencanakan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut, melaksanakan tindakan tersebut, dan mengevaluasi hasil tindakan tersebut.2. Akan kelas adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Sedangkan penelitian kelas adalah suatu bentuk penelitian yang dilakukan di kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Perbedaan utama antara akan kelas dan penelitian kelas adalah bahwa penelitian kelas melibatkan proses penelitian, sedangkan akan kelas hanya melibatkan proses pembelajaran.3. Manfaat PTK antara lain: meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan meningkatkan kualitas guru. PTK dapat membantu guru untuk mengidentifikasi masalah yang ada di kelas dan mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.4. Keterbatasan PTK antara lain: memerlukan waktu yang lama, memerlukan keterlibatan aktif guru, dan memerlukan kesediaan guru untuk belajar. PTK memerlukan waktu yang lama karena guru harus melakukan proses penelitian, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi tindakan. PTK juga memerlukan keterlibatan aktif guru karena guru harus merencanakan dan melaksanakan tindakan. PTK juga memerlukan kesediaan guru untuk belajar karena guru harus belajar cara melakukan penelitian.5. Empat langkah dalam merencanakan dan melakukan tindakan PTK adalah: identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi tindakan. Identifikasi masalah adalah proses mengidentifikasi masalah yang ada di kelas. Perencanaan tindakan adalah proses merencanakan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Pelaksanaan tindak