Pertanyaan

Asesmen A. Pilihan Gauda Tunggal Silanglah salah satu huruf L, B, C, atan D di depan ian aban sane heman (i) Sinom (2) Ginada (3) Sronca (4) Ruhi Tiga (5) Preung Sehar thif di tumiukan pada nomer.... A. (0). (2). d.m (5) B. Cinci thecti C. (2).tis dimisi tan 3 ! Some Chima panika Araflutam vang koping singgih lfoked haping lima sami Buraf severiduh Bapajomi martiatas Berdasarkan jenisnya Syair Dtrama Gila di atas merupakon Scker Alir yang discbut pupuh .... A. Semarandana B. Ginanti C. Ginada D. Sinom 3. Syair Pupuh di atas, mengandung makna bahwa .... A. Agama Hindu memiliki lima dasar keyakinan yang disebut Panca Sradha B. Seorang bapak yang mengajarkan anaknya ilmu bertani C. Ajaran agar anak tidak mengaku dirinya paling pintar D. Ajaran tentang tujuan agama Hindu (36) Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Semester 2 hana risira prawira wihikan sireng niii. (Kakawin Ramayana). Artinya: Nafsu atau keinginan dan scjenisnva musuh-musuh vangedekat dalams thatilah tempatnya. fidak lauh dari diri sendir. Yane keperti itu tidak ada di pomistatahan. Maknalyang kerhandung dalam bait Kakens in di atas adalah .... A. Sesumgethaya musuh itu sumbernyd dart dalam diri. orang bijak dan orang yang dapat menguasai diri tidak akan terpengaruh olchnya. 15. Musuh-musuh yang ada pada dri manusis bersumber dari luar karena kesalahan dalam pergaulan. C. Scorang raja yang bijaksana mampu menuimpin rakyatuya dengan adil dan makmur akan disenangi oféh rakyatnya. D. Hendaknya stscorang berhati-hati dalam pergatamasar ridakiterjerumus ke halshat yang menyebabkan penderitan 5. Panera Gita tidak dapat dipisahkan dengan pelaksaman upacara keagamaan dalam agama Hindu. Berikut ini yang merupshan bigian dari Pentea Gita adalah A. Suara Burung B. Suara Sunari C. Suara Kidung D. Suara Ombak B. Jodohkan bagian A dan B dengan menghubungkan garis lurus pada bulatan di bagian A dengan kotak di bagian B. Pasangkan bagian A dengan bagian B sceara tepat menurut konsep Dharma Gita dengan menarik garis! No. Bagian A 1. Nyanyian 2. Sekar Agung 3. Kebenaran 4. Meong-meong 5. Sekar Madva No. Bagian A 1. Nyanyian 2. Sekar Agung 3. Kebenaran 4. Meong-meong 5. Sekar Madva No. Bagian B a. Gita b. Kakawin c. Sekar Rare d. Kidung c. Dharma No. Bagian B a. Gita b. Kakawin c. Sekar Rare d. Kidung c. Dharma Pasangkan Dharma Gita pada kolem sebelah kanan dengan jenis-jenis Dharma Gita pada kolom sebelah kiri dengan menark garis! No. Bagian A 1. Mandamalon 2. Kawitan Warga sari 3. Sinom 4. Mejangeran 5. Teks Bahasa Jawa Kuno No. Bagian A 1. Mandamalon 2. Kawitan Warga sari 3. Sinom 4. Mejangeran 5. Teks Bahasa Jawa Kuno No. Bagian B - Sekar Rare - b. Sekar Alit c. Sekar Madia d. Sekar Agung e. Palawakya No. Bagian B - Sekar Rare - b. Sekar Alit c. Sekar Madia d. Sekar Agung e. Palawakya Pendidikan Agama Hindu dan lludi Pekerti Kelau Vili SMP Semeter 2 (37)

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.8 (108 Suara)
Rini Kartika master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

1. A. (1), (2), dan (5)2. D. Sinom3. A. Agama Hindu memiliki lima dasar keyakinan yang disebut Panca Sradha4. A. Sesungguhnya musuh itu sumbernya dari dalam diri orang bijak dan dapat menguasai diri tidak akan terpengaruh olehnya.5. C. Suara Kidung

Penjelasan

Pertanyaan ini mengeksplorasi konsep dalam Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, khususnya melalui penggunaan pupuh dan kakawin yang merupakan bentuk sastra Jawa Kuno dan Bali yang digunakan untuk mengungkapkan nilai-nilai agama dan moral. Pertanyaan pertama menanyakan tentang penamaan pupuh berdasarkan karakteristik tertentu, yang membutuhkan pemahaman tentang jenis-jenis pupuh dalam sastra Jawa dan Bali. Pertanyaan kedua dan ketiga berfokus pada interpretasi syair pupuh yang diberikan, meminta identifikasi jenis pupuh dan makna moral yang terkandung di dalamnya. Ini menguji kemampuan analisis sastra dan pemahaman nilai-nilai agama Hindu. Pertanyaan keempat dan kelima berkaitan dengan konsep Panca Gita dalam konteks agama Hindu, meminta identifikasi praktik keagamaan dan interpretasi pesan moral dari kakawin. Bagian kedua berupa jodohkan, menguji pemahaman konsep Dharma Gita dan jenis-jenis Dharma Gita melalui aktivitas yang mengharuskan pengetahuan tentang kategorisasi sastra dan praktik keagamaan dalam agama Hindu.