Pertanyaan

1. Peserta didik mampu menyebutkan pengaruh letak geografis Indonesia. Disajikan peta peserta didik mampu menyebutkan wilayah yang termasuk zona Waktu Indonesia Barat c WIB). 3. Peserta didik mampu menyebutkan letak astronomis Indonesia. Disajikan tabel peserta didik mampu menyebutkan letak Indonesia berdasarkan geologi. 5. Peserta didik mampu menyebutkan bulan terjadinya musim hujan di Indonesia. 6. Disajikan beberapa peserta didik mampu menyebutkan unsur-unsur cuaca dan iklim. 7. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resource). 8. Peserta didik mampu menjelaskan fungsi hutan konservasi. 9. Peserta didik mampu menyebutkan contoh barang tambang golongan A. 10. Peserta didik mampu menjelaskan potensi sumber daya alam kemaritiman. 11. Disajikan beberapa pernyataan peserta didik mampu meyebutkan faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya. 12. Pesera didik mampu menjelaskan teori perkembangan Hindu-Budha di Indonesia. 13. Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang pertanian. 14. Disajikan sebuah gambar peserta didik mampu menunjukan bentukan yang ada di permukaan bumi. 15. Peserta didik mampu menjelaskan aktivitas penduduk di dataran rendah. 16. Disajikan beberapa pernyataan peserta didik mampu menyebutkan manfaat perdagangan antarpulau. 17. Disajikan sebuah gambar peserta didik mampu menyebutkan aktivitas penduduk di daerah pantai. 18. Disajikan sebuah tabel peserta didik dapat menjelaskan faktor yang memengaruhi dinamika penduduk. 19. Disajikan sebuah gambar peserta didik mampu menjelaskan piramida penduduk muda. 20. Peserta didik mampu menjelaskan masalah yang timbul akibat pertumbuhan penduduk dalam bidang sosial. 21. Peserta didik mampu menyebutkan indikator kualitas penduduk. 22. Disajikan sebuah gambar peserta didik mampu menyebutkan upacara salah satu agama yang ada di Indonesia. 23. Disajikan sebuah gambar peserta didik mampu menyebutkan salah satu suku yang ada di Indonesia. 24. Peserta didik mampu menyebutkan pengertian mobilitas sosial. 25. Disajikan sebuah tabel peserta didik mampu menyebutkan saluaran-saluaran mobilitas sosial. 26. Peserta didik mampu menjelaskan bentuk mobilitas sosial horizontal. 27. Disajikan beberapa peserta didik mampu manfaat keberagaman budaya. 28. Disajikan beberapa pernyataan peserta didik mampu menjelaskan penyebaran Islam masuk dengan mudah ke Indonesia. 29. Disajikan sebuah gambar peserta didik mampu menyebutkan salah satu peningggalan kerajaan Islam. 30. Peserta didik mampu menyebutkan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. 31. Peserta didik mampu faktor yang memengaruhi keberagaman budaya di Indonesia.(PGK) 32. Peserta didik mampu menjelaskan hal yang menyebabkan potensi sumber daya alam mengalami perubahan yang berkaitan dengan masalah lingkungan .(PGK) 33. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam memanfaatkan berbagai potensi di lingkungan sekitar . (PGK) 34. Peserta didik mampu tujuan adanya perdagangan antarpulau . (PGK) 35. Peserta didik mampu menyebutkan faktor terjadinya perdagangan antar pulau. (PGK) 36. Peserta didik mampu candi peninggalar Hindu-budha di Indonesia .(BS) 37. Peserta didik mampu memberi contoh saluran mobilitas sosial berupa organisasi profesi. (BS) 38. Peserta didik mampu menyebutkan nama nama walisongo yang berperan dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. .(BS) 39. Peserta didik mampu dampak positif terjadinya mobilitas sosial. (BS) 40. Peserta didik mampu menyebutkan jalur penyebaran Indonesia. (BS)

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.5 (265 Suara)
Tulsi lanjutan ยท Tutor selama 1 tahun

Jawaban

## Analisis Kompetensi Dasar dan SoalAnda telah memberikan daftar kompetensi dasar (KD) dan soal yang ingin diujikan. Berikut analisisnya:**KD dan Soal yang Sesuai:*** **KD 1, 3, 5, 7, 8, 9, 12, 13, 15, 20, 24, 26, 30, 32, 35, 36, 38, 40:** Soal-soal ini sesuai dengan KD yang ingin diukur. Soal-soal ini menuntut pemahaman konsep dan kemampuan menjelaskan.* **KD 2, 4, 6, 11, 14, 16, 17, 18, 19, 21, 22, 23, 25, 27, 28, 29, 31, 33, 34, 37, 39:** Soal-soal ini juga sesuai dengan KD yang ingin diukur. Soal-soal ini menuntut kemampuan menganalisis, menginterpretasi, dan mengidentifikasi.**KD yang Perlu Direvisi:*** **KD 10:** Soal yang diberikan tidak spesifik mengukur KD 10. Soal yang lebih tepat adalah "Peserta didik mampu menyebutkan contoh potensi sumber daya alam kemaritiman di Indonesia."* **KD 31:** Soal yang diberikan tidak spesifik mengukur KD 31. Soal yang lebih tepat adalah "Peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi keberagaman budaya di Indonesia."**Rekomendasi:*** **Revisi soal:** Sesuaikan soal dengan KD yang ingin diukur. Pastikan soal mengukur kemampuan yang tepat.* **Tambahkan soal:** Anda dapat menambahkan soal untuk mengukur KD yang belum terwakili.* **Variasi soal:** Gunakan berbagai jenis soal seperti pilihan ganda, isian, jawaban singkat, dan esai untuk mengukur pemahaman peserta didik secara komprehensif.**Catatan:*** Pastikan soal-soal yang Anda buat sesuai dengan tingkat kesulitan peserta didik.* Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak ambigu.* Berikan contoh soal dan kunci jawaban untuk membantu peserta didik memahami materi.Semoga analisis ini bermanfaat!