Pertanyaan

Pada kegiatan remedial soal yang diberikan pada peserta didik yang berada dikolom belum memahami, Data peserta didik dperoleh pada pertemuan 2dan 3 SOAL FUNGSI PERMINTAAN 1. Soat harga barang Rp18.000 per unit, permintaan Dini sebanyak 18 unit. Namun, soat harga barang turun menjadi Rp16.000 perunit, permintaan Dirinak sebanyak 22 unit. Berapa fungsi permintoan Dini? 2. Soat harga barang Rp80.00 per unit, maka jumlah permintaan 20 unit. Soat harga barang Rp40.00 per unit, maka jumlah permintaan 30 unit. Tentukan persamaan fungsi permintaan! SOAL FUNGSI PENAWARAN 1. Ketika harga suatu barang Rp40 dan jumlah penawaranya sebanyak 10 unit. Pada soat harga Rp80 per unil, jumlah penawaranya menjadi 20 unit, Hilunglah berapa jumlah fungsi penawaranya! 2. Khanza sedang membuka usaha Distro. Ketika pasar sedang ramal, ia menjual baju distro seharga Rp140.000 unit. Jika, Vira menjual 30 unit dengan harga Rp160.000 tentukanlah fungsi penawarannya! Bobot Nilai untuk Remedial 1. Jika peserta didik hanya remedial disalah satu materi saja (fungsi permintaan sajal maka bobot nilainya adalah I soal benar bernilai 40 karena soalnya ada 2 maka total nilai jika benar semua adalah 80 2. Jika peserta didikremedial disemua materi (Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran) maka bobot nilainya adalah I soal benar bernilai 20 karena soalnya ada 4 maka total nilai jika benar semua adalah 80

Solusi

Terverifikasi Ahli
3.5 (285 Suara)
Nishank master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

## Solusi Soal Remedial Fungsi Permintaan dan PenawaranBerikut adalah solusi untuk soal remedial fungsi permintaan dan penawaran yang Anda berikan:**Soal Fungsi Permintaan****1. Soal 1:*** **Diketahui:** * Harga awal (P1) = Rp18.000 * Jumlah permintaan awal (Q1) = 18 unit * Harga akhir (P2) = Rp16.000 * Jumlah permintaan akhir (Q2) = 22 unit* **Rumus Fungsi Permintaan Linear:** Q = a - bP Dimana: * Q = Jumlah Permintaan * P = Harga * a = Konstanta (titik potong sumbu vertikal) * b = Kemiringan garis (koefisien harga)* **Mencari nilai a dan b:** * **Mencari b:** b = (Q2 - Q1) / (P1 - P2) b = (22 - 18) / (18.000 - 16.000) b = 4 / 2.000 b = 0,002 * **Mencari a:** Q1 = a - bP1 18 = a - 0,002 * 18.000 18 = a - 36 a = 18 + 36 a = 54* **Fungsi Permintaan Dini:** Q = 54 - 0,002P**2. Soal 2:*** **Diketahui:** * Harga awal (P1) = Rp80.000 * Jumlah permintaan awal (Q1) = 20 unit * Harga akhir (P2) = Rp40.000 * Jumlah permintaan akhir (Q2) = 30 unit* **Mencari nilai a dan b (menggunakan rumus yang sama seperti soal 1):** * **Mencari b:** b = (Q2 - Q1) / (P1 - P2) b = (30 - 20) / (80.000 - 40.000) b = 10 / 40.000 b = 0,00025 * **Mencari a:** Q1 = a - bP1 20 = a - 0,00025 * 80.000 20 = a - 20 a = 20 + 20 a = 40* **Fungsi Permintaan:** Q = 40 - 0,00025P**Soal Fungsi Penawaran****1. Soal 1:*** **Diketahui:** * Harga awal (P1) = Rp40 * Jumlah penawaran awal (Q1) = 10 unit * Harga akhir (P2) = Rp80 * Jumlah penawaran akhir (Q2) = 20 unit* **Rumus Fungsi Penawaran Linear:** Q = c + dP Dimana: * Q = Jumlah Penawaran * P = Harga * c = Konstanta (titik potong sumbu vertikal) * d = Kemiringan garis (koefisien harga)* **Mencari nilai c dan d:** * **Mencari d:** d = (Q2 - Q1) / (P2 - P1) d = (20 - 10) / (80 - 40) d = 10 / 40 d = 0,25 * **Mencari c:** Q1 = c + dP1 10 = c + 0,25 * 40 10 = c + 10 c = 10 - 10 c = 0* **Fungsi Penawaran:** Q = 0 + 0,25P Q = 0,25P**2. Soal 2:*** **Diketahui:** * Harga awal (P1) = Rp140.000 * Jumlah penawaran awal (Q1) = 30 unit * Harga akhir (P2) = Rp160.000 * Jumlah penawaran akhir (Q2) = 30 unit (asumsi jumlah penawaran tetap)* **Mencari nilai c dan d (menggunakan rumus yang sama seperti soal 1):** * **Mencari d:** d = (Q2 - Q1) / (P2 - P1) d = (30 - 30) / (160.000 - 140.000) d = 0 / 20.000 d = 0 * **Mencari c:** Q1 = c + dP1 30 = c + 0 * 140.000 c = 30* **Fungsi Penawaran:** Q = 30 + 0P Q = 30**Bobot Nilai Remedial*** **Remedial Salah Satu Materi:** * 1 soal benar = 40 poin * Total nilai maksimal = 80 poin (2 soal x 40 poin)* **Remedial Semua Materi:** * 1 soal benar = 20 poin * Total nilai maksimal = 80 poin (4 soal x 20 poin)**Catatan:*** Pastikan peserta didik memahami konsep dasar fungsi permintaan dan penawaran sebelum mengerjakan soal.* Jelaskan kepada peserta didik tentang arti dari konstanta dan kemiringan garis dalam fungsi permintaan dan penawaran.* Berikan contoh-contoh soal yang lebih mudah dipahami sebelum memberikan soal yang lebih kompleks.* Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika mereka mengalami kesulitan.Semoga solusi ini membantu!