Pertanyaan
8. Perbedaan utama antara krayon dan pastel adalah __ (HOTS) a bentuknya b. teksturnya C. warnanya d. kepadatannya e. ukurannya 9. Tujuan umum dari eksperimen dalam seni rupa yaitu __ a. menciptakan karya yang seragam b. menemukan solusi kreatif baru C. mengikuti tren terkini d. menghasilkan karya dengan nilai jual tinggi e. menyalin karya seni yang sudah ada 10. Fajar ingin me mberikan motif timbul dan terang pada lukisannya dengan metode aman Teknik yang sebaiknya Fajar gunakan untuk mendapatkan efek tersebut adalah teknik __ a. blok b. gradasi C. garis d. scratch e. printing 11. Perhatikan pensil berikut ini! (1) H. (2) 2B (3) HB (4) F. (5) 8B. (6) 7H. Urutan pensil dari yang terkeras hingga terlunak dari nomor __ (HOTS) a. (1), (3 ), (6)(2), (4)dan (5) b. (6)(1), (3), (4), (2), dan (5) C. (5), (6), (2)(1), (4 ), dan (3) d. (4)(1), (3 ), (2), (6 , dan (5) e. (5),6), (2 ), (1), (4), dan (3) 12. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai proses perancangan desain adalah __ a. mengumpulkan referensi desain b. menentukan tujuan perancangan C. membuat moodboard d. membuat sketsa e. melakukan riset audience 13. Tujuan utama dari jurnal visual dalam proses perancangan desain adalah __ a. mendokumentasikan proses kreatif b. membuat desain lebih rapi C. mengumpulkan referensi d melatih skill menggambar e.membuat desain lebih indah
Solusi
Jawaban
8. **Jawaban: b. teksturnya**Krayon dan pastel memiliki perbedaan utama pada teksturnya. Krayon cenderung lebih keras dan licin, sedangkan pastel lebih lembut dan mudah hancur. Meskipun warna dan bentuknya bisa bervariasi, perbedaan tekstur ini merupakan ciri khas yang membedakan keduanya secara signifikan.9. **Jawaban: b. menemukan solusi kreatif baru**Tujuan umum eksperimen dalam seni rupa adalah untuk mengeksplorasi berbagai teknik, material, dan ide-ide baru. Ini mendorong kreativitas, inovasi, dan pengembangan gaya personal. Tujuan lainnya, seperti menciptakan karya yang seragam atau menghasilkan karya dengan nilai jual tinggi, merupakan hasil sampingan, bukan tujuan utama dari eksperimen itu sendiri.10. **Jawaban: d. scratch**Teknik *scratch* (menggaruk) pada lukisan memungkinkan Fajar untuk menciptakan motif timbul dan terang dengan cara menggores lapisan atas cat yang lebih gelap, sehingga lapisan bawah yang lebih terang terlihat. Teknik ini aman dan efektif untuk mencapai efek yang diinginkan.11. **Jawaban: b. (6), (1), (3), (4), (2), dan (5)**Pensil diberi kode huruf dan angka untuk menunjukkan kekerasannya. Huruf 'H' menunjukkan pensil keras, 'B' menunjukkan pensil lunak, dan 'HB' menunjukkan pensil dengan kekerasan sedang. Angka yang lebih besar menunjukkan tingkat kekerasan atau kelunakan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, urutan dari yang terkeras hingga terlunak adalah 7H, H, HB, F, 2B, dan 8B.12. **Jawaban: b. menentukan tujuan perancangan**Sebelum memulai proses perancangan, penting untuk menentukan tujuan desain secara jelas. Tujuan ini akan memandu seluruh proses dan memastikan bahwa desain yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan sasaran yang telah ditetapkan. Langkah-langkah lain seperti mengumpulkan referensi atau membuat sketsa dilakukan *setelah* tujuan desain ditentukan.13. **Jawaban: a. mendokumentasikan proses kreatif**Jurnal visual berfungsi sebagai catatan perjalanan proses kreatif seorang desainer. Ini membantu melacak ide-ide, eksperimen, dan perkembangan desain dari awal hingga akhir. Meskipun bisa membantu mengumpulkan referensi, tujuan utamanya adalah mendokumentasikan proses berpikir dan pembuatan desain.