Pertanyaan
1. Sistem common rail bekerja dengan tekanan bahan bakar yang lebih tinggi. Komponen nozel yang digunakan pada sistem common rail memiliki daya tahan terhadap tekanan tinggi dan dikontrol secara elektronik oleh ECU. Pada sistem common rail soket nozel tidak boleh dilepas ketika mesin bekerja Mengapa soket nozel tidak boleh dilepas saat mesin sedang bekerja?
Solusi
Jawaban
**Soket nozel tidak boleh dilepas saat mesin sedang bekerja karena tekanan bahan bakar dalam rail sangat tinggi. Melepaskan soket nozel dapat menyebabkan bahan bakar menyembur keluar dengan tekanan yang kuat, yang dapat merusak komponen injektor dan nozel, serta menyebabkan kebakaran atau ledakan. Untuk menjaga keamanan dan mencegah kerusakan, soket nozel harus tetap terpasang saat mesin beroperasi.
Penjelasan
**Sistem common rail adalah sistem penyuplai bahan bakar yang digunakan pada mesin diesel modern. Dalam sistem ini, bahan bakar disimpan dalam tangki bersama (common rail) dan kemudian disalurkan ke injektor melalui nozel. Nozel pada sistem common rail dirancang untuk menahan tekanan bahan bakar yang sangat tinggi, yang merupakan karakteristik utama dari sistem ini.Saat mesin sedang bekerja, tekanan bahan bakar dalam rail mencapai tingkat yang sangat tinggi. Jika soket nozel dilepas pada saat ini, ada risiko bahwa bahan bakar akan menyembur keluar dengan tekanan yang sangat kuat. Hal ini tidak hanya dapat merusak komponen injektor dan nozel, tetapi juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan karena bahan bakar diesel sangat mudah terbakar.Selain itu, melepaskan soket nozel saat mesin berjalan dapat mengganggu aliran bahan bakar yang tepat ke injektor, yang dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin dan potensi kerusakan lebih lanjut. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan dan integritas sistem, soket nozel tidak boleh dilepas saat mesin sedang bekerja.**