Pertanyaan
Seorang guru akan mengajarkan Kompetensi Dasar (KD)aspek pengetahuan berikut dalam pembelajaran. ''3.1 . Mengenal ciri -ciri berbagai bentuk bangun ruang" Pertanyaan a. Sebutkar 3 kriteria rumusan indikator pencapaiar kompetens i kunci/pokor yang tepat! b. Sebutkan 2 rumusan indikator pencapaiar kompetens i kunci/pokok untuk KD di atas!
Solusi
Jawaban
****a. Kriteria Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi Kunci/Pokok:**1. Relevansi2. Spesifik3. Terukur**b. Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi Kunci/Pokok:**1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan ciri-ciri dari berbagai bentuk bangun ruang seperti kubus, balok, tabung, kerucut, dan bola.2. Siswa dapat membandingkan sifat-sifat bangun ruang dan memberikan contoh aplikasi penggunaan bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari atau masalah nyata.
Penjelasan
****a. Kriteria Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi Kunci/Pokok:**1. **Relevansi:** Indikator harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai. Ini berarti indikator harus mencerminkan kemampuan spesifik yang harus dimiliki oleh siswa setelah pembelajaran.2. **Spesifik:** Indikator harus jelas dan spesifik, sehingga mudah dipahami oleh siswa dan pengajar. Ini membantu siswa mengetahui secara tepat apa yang harus mereka capai.3. **Terukur:** Indikator harus dirancang sedemikian rupa sehingga pencapaian kompetensi dapat diukur dengan objektif. Ini berarti indikator harus dapat dievaluasi melalui tes atau kegiatan lainnya.**b. Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi Kunci/Pokok:**1. **Indikator 1:** Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan ciri-ciri dari berbagai bentuk bangun ruang seperti kubus, balok, tabung, kerucut, dan bola.2. **Indikator 2:** Siswa dapat membandingkan sifat-sifat bangun ruang dan memberikan contoh aplikasi penggunaan bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari atau masalah nyata.**2.