Pertanyaan
1. Model pembelajarar Carousel Feedback digunakan untuk mengembangkar keterampilan akademi s dan hubungan pribadi siswa . Model inijuga dapat digunakan untuk kebijakan fiscal dan moneter serta memecahkan masalah. Rancanglah sebuah skenario untuk model Carousel Feedback dengan tema kebijakan fiskal dan moneter, lengkapi dengan minimal 3 stasiun dan tugas yang relevan untuk setiap stasiun. Bobot : 15% | Waktu Maksimal : 15 menit 2. Saudara adalah fasilitator dalam pembelajaran PBL . Skenarionya, siswa diminta menyelesaikan masalah tingginya kemiskinan di perkotaan. Rancanglal metode kreatif untuk membantu siswa memahami masalah ini secara mendalam dan menemukan solusi. Bobot : 15% | Waktu Maksimal : 15 menit 3. Guru memberikan WebQuest yang beris panduan pencarian data tentang faktor-faktor yang memengaruh i permintaan dan penawaran suatu produk. Dalam tugas ini, siswa diminta untuk menganalisis data dan membuat laporan Analisislah bagaimana siswa dapat menggunakan Web Quest untuk menyelesaikan tugas ini? Bobot : 30% | Waktu Maksimal : 30 menit 4. Bagi beberapa orang , cara membuat animasi adalah sesuatu yang sangat sulit. Mulai dari konsep dasar, desain karakter atau latar, pergerakkan yang lancar, dan lain-lain bukanlah kemampuar I yang dapat dikuasai dalam satu hari pembelajaran. Analisislah Hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh guru dalam membuat video pembelajaran animasi? Bobot : 40% Waktu Maksimal : 40 menit
Solusi
Jawaban
**1. Modelajaran Carousel Feedback****Skenario:**Dalam skenario ini, siswa akan mengikuti model Carousel Feedback dengan tema kebijakan fiskal dan moneter. Mereka akan berputar di antara tiga stasiun yang berbeda, masing-masing menyelesaikan tugas yang relevan dengan tema tersebut.**Stasiun 1: Analisis Kebijakan Fiskal**- **Tugas:** Siswa harus menganalisis dampak dari kebijakan fiskal tertentu, seperti pengurangan pajak atau peningkatan belanja publik, terhadap perekonomian negara.- **Aktivitas:** Membaca artikel atau laporan ekonomi, mengumpulkan data, dan membuat presentasi singkat tentang temuan mereka.**Stasiun 2: Simulasi Pasar Moneter**- **Tugas:** Siswa harus menggunakan simulasi pasar moneter untuk memahami bagaimana perubahan suku bunga dan inflasi mempengaruhi nilai tukar mata uang dan harga barang.- **Aktivitas:** Berpartisipasi dalam simulasi interaktif, mencatat perubahan yang terjadi, dan mendiskusikan hasil dengan kelompok.**Stasiun 3: Debat Etis tentang Kebijakan Moneter**- **Tugas:** Siswa harus mempersiapkan argumen untuk mendukung atau menentang kebijakan moneter tertentu, kemudian berpartisipasi dalam debat kelas.- **Aktivitas:** Meneliti berbagai perspektif, menulis skrip debat, dan berlatih presentasi.**2. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) tentang Kemiskinan di Perkotaan****Metode Kreatif:**Untuk membantu siswa memahami masalah kemiskinan di perkotaan dan menemukan solusi, guru dapat menggunakan pendekatan berikut:- **Penelitian Lapangan:** Siswa melakukan wawancara dengan penduduk setempat, mengunjungi komunitas yang terkena dampak, dan mengumpulkan data langsung. - **Simulasi Peran:** Siswa memainkan peran pembuat kebijakan, mengembangkan untuk mengurangi kemiskinan berdasarkan data yang telah dikumpulkan.- **Proyek Kolaboratif:** Siswa bekerja dalam kelompok untuk menciptakan kampanye kesadaran atau program intervensi yang bertujuan mengurangi kemiskinan.- **Diskusi Panel:** Mengundang pembicara tamu yang memiliki pengalaman dengan program pemberdayaan masyarakat untuk memberikan wawasan dan diskusi lebih dalam.**3. Analisis Penggunaan WebQuest untuk Tugas Laporan****Analisis:**Siswa dapat menggunakan WebQuest sebagai alat untuk mencari data tentang faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk. Berikut adalah cara mereka dapat melakukannya:- **Panduan Pencarian:** WebQuest menyediakan panduan langkah demi langkah yang membimbing siswa ke sumber daya terpercaya di internet.- **Koleksi Data:** Siswa mengakses artikel jurnal, laporan penelitian, dan database ekonomi untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif.- **Analisis Data:** Siswa menggunakan perangkat lunak analisis data untuk memvisualisasikan informasi dan mengidentifikasi pola atau tren.- **Laporan:** Siswa menulis laporan yang merinci analisis mereka, didukung oleh data yang telah dikumpulkan dan dianalisis.**4. Pembuatan Video Pembelajaran Animasi****Analisis:**Dalam membuat video pembelajaran animasi, guru perlu memperhatikan beberapa aspek penting:- **Konsep Dasar:** Menentukan ide utama dan pesan yang ingin disampaikan melalui animasi.- **Desain Karakter dan Latar:** Menciptakan karakter yang menarik dan latar yang sesuai dengan cerita, serta memastikan konsistensi dalam desain.- **Pergerakan yang Lancar:** Menggunakan perangkat lunak animasi yang tepat untuk menciptakan gerakan yang halus dan realistis.- **Suara dan Musik:** Memilih musik latar dan efek suara yang mendukung suasana dan pesan animasi.- **Konten yang Edukatif:** Memastikan bahwa setiap adegan dalam animasi mendukung pembelajaran dan