Pertanyaan

Fauzan adalah siswa kelas V di SDN Sukaasih . la termasuk ke dalam kelompok anak yang pasif, 25 lambat dalam memahami materi pembelajaran dan sulit berinteraksi dengan sesama siswa yang lainnya di kelas. Pada saat mengerjakan tugas yang diberikan secara kelompok, dia cenderung menyendiri dan tidak mau bergabung dengan teman sekelompoknya. Karena cukup lamban dalam mengerjakan tugasnya secara mandiri, seringkali Fauzan tertinggal pada saat pembelajaran. Bu Hafizah pernah mencoba untuk mpokkan di kelas tersebut agar Fauzan dapat bersosialisas i dan bekerjasama dengan temannya. Namun, ternyata hal ini semakin menyulitkan Fauzan untuk berinteraksi dengan teman -temannya. la juga menjadi bahan olok-olok temannya.Sebagai seorang guru, Bu Hafizah menyadari permasalahan yang terjadi . Namun, karena bukan hanya Fauzan yang mengalami kondisi tersebut, Bu Hafizah cenderung mengabaikan kondisi tersebut. a. Berdasarkan pada kondis tersebut, lakukan analisis permasalahan yang terjadi di kelas Bu Hafizah dan identifikasi lima karakteristik Fauzan! b. Bantu Bu Hafizah untuk membuat skenario pembelajaran yang dapat membantu Fauzan agar dapat mengikuti pembelajaran secara optimal! PDGK4105 Pak Khairul adalah guru Bahasa Inggris di kelas V SDN Pangandaran . Sebagian besar siswanya 25 setiap pulang sekolah membantu orang tuanya untuk oleh-oleh khas Pantai Pangandaran seperti gantungan kunci, kerajinan rumah keong, ikan asin dan lainnya. Pada musim liburan banyak turis yang berkunjung ke Pantai Pangandaran. Namun permasalahannya sebagian besar dari anak-anak tersebut belum mahir berbicara dalam Bahasa Inggris secara aktif . Untuk mengatasi permasalah an tersebut, pembelajaran di sekolah harus mendukung peningkatan keter ampilan berbicara dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan ilustrasi di atas, bantu Pak Khairul membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)yang memuat komponen identitas mata pelajaran , kompetensi dasar , indikator materi pembelajaran, strategi alat, media dan sumber belajar serta penilaian agar dapat membantu siswanya untuk melakukan speaking dengan baik! square Skor Total

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (213 Suara)
Mayank ahli ยท Tutor selama 3 tahun

Jawaban

**a. Analisis Permasalahan dan Karakteristik Fauzan**1. **Karakteristik Fauzan:** - **Pasif:** Fauzan cenderung tidak aktif dalam kelas dan sulit berinteraksi dengan teman-temannya. - **Lambat Memahami Materi:** Dia membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami materi pembelajaran. - **Sulit Berinteraksi:** Fauzan kesulitan bergabung dengan kelompok belajar dan berkom dengan sesama siswa. - **Menyendiri:** Ketika diberikan tugas kelompok, dia cenderung menyendiri dan tidak mau berpartisipasi. - **Tertinggal dalam Pembelajaran:** Karena lambat mengerjakan tugas, Fauzan sering tertinggal dalam pembelajaran.2. **Permasalahan di Kelas Bu Hafizah:** - **Kurangnya Interaksi Sosial:** Fauzan memiliki kesulitan dalam berinteraksi dengan teman-temannya, yang membuatnya terisolasi. - **Keterlambatan dalam Pembelajaran:** Fauzan sering kali tertinggal dalam pembelajaran karena kecepatannya yang lambat dalam memahami materi. - **Gangguan Sosial:** Ketika dicoba dikelompokkan, Fauzan justru menjadi bahan olok-olok dan semakin sulit berinteraksi.**b. Skenario Pembelajaran untuk Membantu Fauzan**1. **Pendekatan Pembelajaran:** - **Pembelajaran Diferensiasi:** Bu Hafizah dapat menerapkan pendekatan pembelajaran diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar Fauzan yang berbeda. - **Penggunaan Teknologi:** Menggunakan teknologi seperti aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat membantu Fauzan memahami materi dengan cara yang lebih mudah dan menarik. - **Kelompok Kecil:** Membentuk kelompok belajar kecil yang terdiri dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan serupa atau yang saling mendukung, sehingga Fauzan merasa lebih nyaman dan tidak terpinggirkan.2. **Strategi Pembelajaran:** - **Pembelajaran Berbasis Proyek:** Memberikan tugas berbasis proyek yang memungkinkan Fauzan bekerja secara mandiri atau dalam kelompok kecil, sehingga dia dapat menunjukkan kemampuannya dan mendapatkan dukungan dari teman-temannya. - **Bimbingan dan Dukungan:** Memberikan bimbingan tambahan kepada Fauzan di luar jam pelajaran untuk membantu dia memahami materi dengan lebih baik.3. **Media dan Sumber Belajar:** - **Video Tutorial:** Menggunakan video tutorial yang menjelaskan materi secara visual dan auditori, yang dapat membantu Fauzan memahami konsep dengan lebih mudah. - **Buku Teks dan Bahan Tambahan:** Menyediakan buku teks dan bahan tambahan yang sesuai dengan tingkat pemahaman Fauzan.4. **Penilaian:** - **Penilaian Formatif:** Menggunakan penilaian formatif secara berkala untuk memantau kemajuan Fauzan dan menyesuaikan strategi pembelajaran jika diperlukan. - **Penilaian Sumatif:** Pada akhir unit, memberikan penilaian sumatif yang tidak hanya menguji pilihan ganda, tetapi juga kemampuan Fauzan dalam berpikir kritis dan berkomunikasi.Dengan skenario pembelajaran ini, diharapkan Fauzan dapat mengikuti pembelajaran secara optimal dan meningkatkan kemampuannya dalam berinteraksi dan memahami materi.