Pertanyaan

h Guru kelas V hendak melakukan kegiatan praktikum mengenai lekosistem. Uraikan KPS (Keterampilan Proses Sains) yang akan dilakukan siswa! 12 Bapak Beni sedang mengajar materi mengenai wujud benda. Bapak Beni hendak menerapkan model pembelajaran interaktif di kelasnya. Susunlah langkah/syntak yang harus dilakukan Bapak Beni sesuai dengan materi yang akan diajarkan! 13 Menurut Anda bagaimana cara penerapan konsep klasifikasi makhluk hidup di sekolah 14 Jelaskan dan berikan contoh: a. Adaptasi morfologi pada tumbuhan b. Adaptasi fisiologi pada hewan c. Adaptasi tingkah laku pada manusia

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.5 (194 Suara)
Harish lanjutan ยท Tutor selama 1 tahun

Jawaban

## Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam Praktikum EkosistemBerikut KPS yang dapat dilakukan siswa dalam praktikum ekosistem:**1. Mengamati:*** Siswa mengamati berbagai komponen ekosistem, seperti tumbuhan, hewan, air, tanah, dan udara.* Siswa mencatat ciri-ciri dan interaksi antar komponen ekosistem.* Siswa menggunakan alat bantu seperti kaca pembesar, lup, atau kamera untuk mengamati detail.**2. Mengklasifikasikan:*** Siswa mengelompokkan komponen ekosistem berdasarkan ciri-ciri yang sama, seperti jenis tumbuhan, jenis hewan, atau jenis habitat.* Siswa membuat tabel atau diagram untuk mempermudah klasifikasi.**3. Mengukur:*** Siswa mengukur faktor-faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan pH tanah.* Siswa menggunakan alat ukur yang sesuai, seperti termometer, hygrometer, dan pH meter.**4. Menginterpretasi:*** Siswa menganalisis data yang diperoleh dari pengamatan dan pengukuran.* Siswa menarik kesimpulan tentang hubungan antar komponen ekosistem.**5. Mengkomunikasikan:*** Siswa mempresentasikan hasil pengamatan dan analisisnya secara lisan atau tertulis.* Siswa menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan gambar, tabel, atau diagram.**6. Meramalkan:*** Siswa memprediksi dampak perubahan lingkungan terhadap ekosistem.* Siswa merumuskan solusi untuk menjaga kelestarian ekosistem.## Langkah-langkah Pembelajaran Interaktif Materi Wujud BendaBerikut langkah-langkah pembelajaran interaktif yang dapat dilakukan Bapak Beni:**1. Tahap Apersepsi:*** Bapak Beni mengajukan pertanyaan pembuka untuk menguji pengetahuan awal siswa tentang wujud benda.* Contoh pertanyaan: "Apa saja yang kalian ketahui tentang wujud benda? Berikan contoh benda padat, cair, dan gas!"**2. Tahap Eksplorasi:*** Bapak Beni memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi melalui kegiatan demonstrasi atau percobaan sederhana.* Contoh: Menunjukkan es batu yang mencair, air yang mendidih, dan balon yang mengembang.* Siswa diminta untuk mengamati perubahan wujud benda dan mencatat hasil pengamatan.**3. Tahap Elaborasi:*** Bapak Beni memberikan penjelasan tentang konsep wujud benda dan sifat-sifatnya.* Bapak Beni menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti gambar, video, atau simulasi.* Siswa diajak berdiskusi dan bertanya jawab tentang materi yang dipelajari.**4. Tahap Konfirmasi:*** Bapak Beni memberikan latihan soal untuk menguji pemahaman siswa tentang wujud benda.* Bapak Beni memberikan umpan balik dan koreksi terhadap jawaban siswa.**5. Tahap Evaluasi:*** Bapak Beni memberikan kuis atau tes untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang materi wujud benda.* Bapak Beni memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi.## Penerapan Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup di SekolahKonsep klasifikasi makhluk hidup dapat diterapkan di sekolah melalui berbagai cara, seperti:* **Pengamatan langsung:** Siswa dapat mengamati berbagai jenis makhluk hidup di lingkungan sekitar sekolah, seperti tumbuhan di taman sekolah, hewan di kebun binatang, atau mikroorganisme di air kolam.* **Penggunaan media pembelajaran:** Siswa dapat belajar tentang klasifikasi makhluk hidup melalui gambar, video, atau simulasi.* **Kegiatan praktikum:** Siswa dapat melakukan praktikum sederhana untuk mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri tertentu, seperti bentuk tubuh, cara berkembang biak, atau habitat.* **Proyek penelitian:** Siswa dapat melakukan proyek penelitian sederhana tentang klasifikasi makhluk hidup, seperti mengidentifikasi jenis tumbuhan di taman sekolah atau mengklasifikasikan jenis hewan di kebun binatang.## Adaptasi Makhluk Hidup**a. Adaptasi Morfologi pada Tumbuhan:*** **Contoh:** Kaktus memiliki daun yang berduri untuk mengurangi penguapan air di daerah kering.* **Penjelasan:** Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Kaktus memiliki daun berduri untuk mengurangi penguapan air di daerah kering, sehingga dapat bertahan hidup.**b. Adaptasi Fisiologi pada Hewan:*** **Contoh:** Unta memiliki kantung air di punuknya untuk menyimpan air dalam waktu lama.* **Penjelasan:** Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi organ tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Unta memiliki kantung air di punuknya untuk menyimpan air dalam waktu lama, sehingga dapat bertahan hidup di daerah kering.**c. Adaptasi Tingkah Laku pada Manusia:*** **Contoh:** Manusia menggunakan pakaian untuk melindungi diri dari panas dan dingin.* **Penjelasan:** Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian perilaku makhluk hidup terhadap lingkungannya. Manusia menggunakan pakaian untuk melindungi diri dari panas dan dingin, sehingga dapat bertahan hidup di berbagai kondisi cuaca.